Giliran Rusia Tuduh Amerika Cs Rencanakan Provokasi di Ukraina

Kamis, 20 Januari 2022 - 18:57 WIB
loading...
A A A
Konsentrasi sekitar 100.000 tentara Rusia di dekat Ukraina telah memicu kekhawatiran Barat bahwa Moskow siap untuk menyerang tetangganya. Presiden AS, Joe Biden, berpikir Rusia akan menginvasi Ukraina. Ia memperingatkan Presiden Vladimir Putin bahwa negaranya akan membayar "harga yang mahal" atas nyawa yang hilang dan kemungkinan pemutusan dari sistem perbankan global jika itu terjadi .

Moskow telah berulang kali membantah memiliki rencana untuk melancarkan serangan. Tetapi mereka telah meminta satu set jaminan keamanan dari Barat yang akan mengecualikan ekspansi NATO ke Ukraina dan negara-negara bekas Soviet lainnya serta penyebaran senjata aliansi di sana.

Washington dan sekutunya dengan tegas menolak tuntutan Moskow dalam pembicaraan keamanan pekan lalu, tetapi tetap membuka pintu untuk kemungkinan pembicaraan lebih lanjut tentang pengendalian senjata dan langkah-langkah membangun kepercayaan untuk mengurangi potensi permusuhan.

Di tengah ketegangan, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengunjungi Ukraina pada Rabu kemarin untuk meyakinkan dukungan Barat kepada Kiev.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)