Ini Foto Pertama Dampak Letusan Gunung Berapi Tonga Picu Tsunami 15 Meter

Rabu, 19 Januari 2022 - 00:17 WIB
loading...
A A A
Tonga hampir terputus dari seluruh dunia sejak ledakan vulkanik hari Sabtu-salah satu yang terbesar yang tercatat dalam beberapa dekade.

Gunung berapi meletus 30 kilometer ke udara dan menyemburkan abu, gas, dan hujan asam di sebagian besar wilayah Pasifik.

Tiga hari setelah letusan, dunia luar masih berjuang untuk memahami skala bencana, menggunakan koneksi telepon satelit yang tidak merata, penerbangan pengawasan, dan citra satelit.

Ledakan itu memutuskan kabel komunikasi bawah laut antara Tonga dan Fiji yang menurut operator akan memakan waktu hingga dua minggu untuk diperbaiki.

Pemerintah memastikan kabel bawah laut mengalami kerusakan akibat erupsi dan komunikasi terbatas telah dilakukan dengan Vava'u dan Ha'apai. Internet tetap tidak aktif tetapi prioritas diberikan untuk memulihkan jaringan telepon domestik dan internasional terlebih dahulu.

Gambar satelit yang dirilis oleh Maxar Technologies pada hari Selasa menunjukkan bahwa di mana sebagian besar struktur vulkanik berdiri di atas permukaan laut beberapa hari yang lalu, sekarang hanya ada laut lepas.

Hanya dua pulau vulkanik yang relatif kecil yang masih terlihat di atas permukaan laut setelah letusan.

"Faktanya, apa yang kami lihat di atas air–yang sekarang telah hancur–hanyalah puncak gunung berapi yang tumbuh di tepi gunung berapi bawah laut yang besar,” kata ahli vulkanologi Monash University, Heather Handley.

Selandia Baru merilis gambar udara yang diambil dari penerbangan pengawasan pada hari sebelumnya, memperlihatkan pantai dengan deretan pepohonan berubah dari hijau menjadi abu-abu akibat erupsi gunung berapi.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)