Cegah Invasi China dari Laut, AL Taiwan Kerahkan Kapal Penebar Ranjau

Sabtu, 15 Januari 2022 - 21:07 WIB
loading...
Cegah Invasi China dari Laut, AL Taiwan Kerahkan Kapal Penebar Ranjau
Cegah invasi China dari Laut, AL Taiwan kerahkan kapal penebar ranjau. FOTO/Taipei Times
A A A
TAIWAN - Angkatan Laut Taiwan membentuk dua skuadron pelempar ranjau pertama mereka. Masing-masing skuadron dipersenjatai dengan satu lapisan ranjau di Pangkalan Angkatan Laut Zuoying di Kaohsiung.

“Ini adalah skuadron pelempar ranjau pertama yang dibentuk oleh Angkatan Laut Taiwan,” kata Presiden Tsai Ing-wen pada upacara untuk menandai pembentukan skuadron pelempar ranjau pertama dan kedua di bawah Armada ke-192.



“Saya senang kita bisa menyaksikan momen penting ini bersama-sama,” lanjut Ing-wen, seperti dikutip dari Taipei Times, Sabtu (15/1/2022). Menurutnya, pasukan yang baru dibentuk menunjukkan pencapaian Taiwan dalam membangun industri pertahanan dalam negeri dan komitmen untuk menjaga negara.

Angkatan Laut Taiwan mengalokasikan USD33,22 juta dari 2017 hingga tahun lalu untuk membangun 4 kapal penangkap ranjau cepat dengan tujuan meningkatkan kapasitas penempatan ranjau Taiwan untuk melawan ancaman musuh dengan lebih baik.

Pabrikan Taiwan Lungteh Shipbuilding mengatakan, setiap lapisan ranjau memiliki panjang 41m dan lebar 8,8m, dan memiliki draft 1,607m dengan perpindahan muatan penuh 315 ton. Kapal penebar ranjau masing-masing dipersenjatai dengan meriam T-75 20mm di haluan, dan senapan mesin T-74 7.62mm, serta tiga jalur peletakan ranjau di setiap sisi.



Kapal-kapal tersebut juga dilengkapi dengan sistem peletakan ranjau otomatis yang dikembangkan oleh Institut Sains dan Teknologi Chungshan. Kapal-kapal, yang dapat membawa berbagai jenis ranjau, dikirim sebelum akhir tahun lalu, tetapi hanya dua yang dioperasikan kemarin.

“Angkatan Laut sebelumnya menempatkan ranjau di laut menggunakan kapal pendarat, tetapi itu tidak efisien dan juga berpotensi berbahaya di perairan berombak,” kata Ing-wen.

“Lapisan ranjau yang dibangun oleh Lungteh dan dilengkapi dengan sistem institut akan memungkinkan angkatan laut untuk meletakkan ranjau secara lebih efisien dan akurat,” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)