Cerita Rudal Patriot Makan Tuan dan Teman, Jet Tempur AS dan Inggris Korbannya

Sabtu, 15 Januari 2022 - 00:40 WIB
loading...
A A A
Komandan juga menyarankan pilot untuk menggunakan identification friend or foe(IFF) yang tidak terenkripsi, yang lebih dapat diandalkan. Angkatan Darat AS lantas menjamin bahwa sistem Patriot akan diperbaiki.

Pada tahun 2018, para ahli di Middlebury Institute of International Studies melihat dua serangan rudal terpisah di Arab Saudi. Terlepas dari deklarasi resmi, mereka memutuskan sangat tidak masuk akal bahwa rudal dicegat dalam kedua situasi.

Mereka terlihat d di mana badan kendaraan rudal dan hulu ledak jatuh serta di mana pencegat ditempatkan dalam penelitian mereka.

Menurut para ahli, pola yang berbeda dapat dilihat pada kedua keadaan tersebut. Rudal Patriot mendarat di Riyadh, sementara rudal masuk terpecah, lolos melewati pertahanan, dan tiba di dekat target yang dituju. Berdasarkan evaluasi ini, mereka berhenti menyebut sistem Patriot tidak berguna.

Diduga juga bahwa Angkatan Darat AS dan pabrikan Patriot, Raytheon, sangat melobi untuk mendapatkan laporan yang menyerukan "Pentagon untuk mendeklasifikasi lebih banyak informasi tentang kinerja Patriot dan meminta evaluasi independen dari program tersebut".

Mengingat tuduhan tersebut, dapat dimengerti mengapa militer AS telah menguji sistem pertahanan udara Iron Dome Israel di pulau-pulau Guam, yang berada dalam jangkauan rudal DF-26 China, yang dijuluki "Pembunuh Guam" oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Terlepas dari catatan kelemahan tersebut, sistem Patriot telah menjadi andalan pertahanan Arab Saudi.

Negara kaya minyak itu dilaporkan menghadapi kekurangan rudal pencegat untuk sistem pertahanan udara Patriot yang dipasok AS. Kerentanan kerajaan telah meningkat di tengah meningkatnya serangan lintas perbatasan oleh pemberontak Houthi Yaman.

Arab Saudi telah meminta sejumlah negara tetangga Teluk untuk membantu mengisi kembali persediaan rudal pencegatnya yang semakin menipis.

Pemerintahan Joe Biden, yang harus menyetujui transfer pencegat, mendukung langkah tersebut, menurut seorang pejabat senior AS yang dikutip oleh Financial Times.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)