Agen China Dilaporkan Gentayangan di Parlemen Inggris

Jum'at, 14 Januari 2022 - 08:55 WIB
loading...
Agen China Dilaporkan Gentayangan di Parlemen Inggris
Agen China dilaporkan gentangan di parlemen Inggris. Foto/isappscience.org
A A A
LONDON - Badan mata-mata domestik Inggris , MI5, telah memperingatkan bahwa agen pemerintah China secara aktif telah bekerja untuk menurunkan proses di parlemen. Hal itu diungkapkan seorang anggota parlemen senior Inggris.

Mantan pemimpin Partai Konservatif yang berkuasa, Ian Duncan Smith mengatakan, situasi tersebut telah diungkapkan oleh MI5 dan telah memperingatkan Ketua DPR Inggris Lindsay Hoyle.

Duncan Smith mengatakan anggota parlemen telah diberitahu bahwa agen tersebut aktif di Parlemen dan telah bekerja dengan seorang anggota parlemen Inggris.



"Ini adalah masalah yang sangat memprihatinkan," katanya seperti dikutip dari CNN, Jumat (14/1/2022).

Duncan Smith meminta agar, sehubungan dengan insiden tersebut, parlemen mempertimbangkan untuk meningkatkan keamanan dan mendeportasi agen China tersebut.



Duncan Smith mengatakan dia mendengar orang itu tidak akan dideportasi dan mempertanyakan mengapa tindakan lebih lanjut tidak akan diambil terhadap agen kekuatan despotik asing dan tercela.

"Ini tentu tidak cukup baik," ujarnya.

Duncan Smith adalah seorang kritikus vokal terhadap pemerintah China. Dia tahun lalu dikenai sanksi oleh Beijing karena komentarnya tentang perlakuan terhadap Muslim Uighur di Xinjiang dan dilarang memasuki negara itu. Pengusaha dan warga China juga dilarang berbisnis dengannya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)