Pembicaraan dengan Rusia Tanpa Hasil, Pejabat AS: Genderang Perang Telah Terdengar

Jum'at, 14 Januari 2022 - 08:03 WIB
loading...
A A A
“Kami membutuhkan jaminan yang kuat, tahan air, tahan peluru, dan mengikat secara hukum. Bukan jaminan, bukan pengamanan, tetapi jaminan,” tambah Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov.



Ketika ditanya tentang permintaan Rusia untuk menolak keanggotaan NATO di Ukraina, Sherman mengatakan aliansi itu tidak mau bernegosiasi tentang topik itu.

"Rusia adalah negara besar dengan wilayah daratan yang luas. Mereka adalah anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Mereka memiliki militer nasional terbesar di Eropa. Bersama dengan Amerika Serikat, kami adalah dua kekuatan nuklir terbesar di dunia. Mereka adalah negara yang kuat," Sherman menjelaskan kepada wartawan dari markas NATO.

"Fakta bahwa mereka merasa terancam oleh Ukraina, demokrasi yang lebih kecil dan masih berkembang sulit untuk dipahami secara terus terang," tambahnya.

Bulan lalu, Presiden Joe Biden berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dua kali di tengah pembangunan militer yang signifikan di perbatasan Ukraina. Selama panggilan telepon pertama pada 7 Desember, Biden menolak untuk menerima "garis merah" Putin di Ukraina.

Dan selama panggilan terakhir para pemimpin, pada 30 Desember, Biden mengulangi kekhawatiran dan ancaman baru bahwa pemerintahannya akan "menanggapi dengan tegas" bersama sekutu dan mitra jika Rusia menginvasi Ukraina lebih lanjut.



Selama berbulan-bulan, Kiev telah memperingatkan sekutunya AS dan Eropa bahwa puluhan ribu tentara Rusia berkumpul di sepanjang perbatasan timurnya. Penumpukan itu telah membangkitkan nuansa pencaplokan Crimea oleh Rusia pada 2014, yang memicu kegemparan internasional dan memicu serangkaian sanksi terhadap Moskow.

Namun Kremlin membantah bahwa mereka sedang mempersiapkan invasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)