Rusia Sebut NATO Kembali ke Strategi Perang Dingin

Kamis, 13 Januari 2022 - 05:42 WIB
loading...
Rusia Sebut NATO Kembali ke Strategi Perang Dingin
Rusia menyebut NATO kembali ke strategi Perang Dingin. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Blok militer NATO pimpinan Amerika Serikat (AS) telah kembali ke strategi Perang Dingin dengan mengurungpenuh Rusia dan mencari dominasi spektrum penuh. Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Luar Negeri Moskow Alexander Grushko.

Diplomat itu menambahkan bahwa Moskow percaya bahwa perilaku NATO menciptakan ancaman yang tidak dapat diterima bagi Rusia yang harus dilawan.

Grushko juga menuduh bahwa blok tersebut bertanggung jawab untuk mengakhiri setiap dan semua kerja sama dengan Rusia dalam masalah keamanan bersama seperti perang melawan terorisme, perdagangan narkoba, dan pembajakan.



Dia menyerukan AS atas "runtuhnya" perjanjian kontrol senjata, membawa keluarnya Washington dari perjanjian INF dan Open Skies dan menyeret kakinya untuk memperpanjang START Baru.

"Saat ini, kami tidak memiliki agenda positif pemersatu. Tidak ada sama sekali," ujarnya seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (13/1/2022).

"Rusia telah mengusulkan langkah-langkah de-eskalasi, tetapi NATO sejauh ini mengabaikannya," tambah diplomat itu.

Menurutnya, NATO tampaknya mengakui keamanan sebagai sesuatu yang hanya berlaku bagi anggotanya, yang secara langsung melanggar sejumlah perjanjian internasional.



"Rusia menganggap ini tidak dapat diterima," kata Grushko, menambahkan bahwa jika NATO bertahan dengan kebijakan penahanan, pencegahan dan intimidasi, Moskow akan merespons dengan cara yang sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)