10 Pemimpin Non-Kerajaan Terlama Berkuasa, Ada yang Setengah Abad

Senin, 15 Juni 2020 - 06:30 WIB
loading...
A A A
9. Mohamed Abdulaziz (Sahara Barat/Republik Arab Sahrawi)

10 Pemimpin Non-Kerajaan Terlama Berkuasa, Ada yang Setengah Abad


Letak negara Sahara Barat atau juga dikenal sebagai Republik Arab Sahrawi berada di barat Gurun Sahara, Afrika. Negara ini didirikan oleh Kelompok Bersenjata Polisario, mewadahi etnis Sahrawi yang menolak jadi warga Maroko.

Sejak 30 Agustus 1976 sampai 2016, Republik Sahrawi tidak pernah berganti presiden. Nama sang presiden abadi itu adalah Mohamed Abdelaziz yang menguasai Polisario sejak awal didirikan, sampai dirinya lengser sebagai presiden pada 2016.

10. Fransesco Franco (Spanyol)

10 Pemimpin Non-Kerajaan Terlama Berkuasa, Ada yang Setengah Abad


Franco, atau yang bernama lengkap Francisco Paulino Hermenegildo Teodulo Franco Bahamonde memimpin Spanyol dari 1936-1975. Franco lahir di tengah keluarga marinir. Setelah lama berkarier di militer, Mei 1935, Franco diangkat menjadi kepala staf jenderal di tentara Spanyol dan mulai memperketat disiplin serta menguatkan institusi militer. (Baca juga: Spanyol Pindahkan Makam Eks Diktator Jenderal Franco)

Usai perang sipil Spanyol, Franco memimpin sebuah pemerintahan yang didasarkan pada kediktatoran militer. Dia dianggap sebagai diktator fasis terakhir yang masih hidup dan untuk sesaat menjadi pemimpin paling dibenci negara Barat.

Sumber: www.worldatlas.www.statista.com
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)