Arab Saudi Tahan Cendekiawan Muslim Uighur, Dikhawatirkan Akan Dideportasi ke China

Selasa, 11 Januari 2022 - 15:39 WIB
loading...
A A A
Nurin Hemdullah dan saudara perempuannya mengatakan seorang pejabat pengadilan Arab Saudi telah melihat ayah mereka minggu lalu dan mengatakan kepadanya untuk "siap secara mental" untuk dideportasi ke China dalam beberapa hari ke depan.

Para wanita tersebut mengatakan bahwa mereka telah berbicara dengan seorang warga Uighur di Arab Saudi yang memantau kasus tersebut, yang mengatakan bahwa pejabat pengadilan membenarkan keputusan tersebut meskipun kedua pria tersebut tidak dituduh melakukan kejahatan di China atau Kerajaan Arab Saudi.

"Sejak mendengar tentang kemungkinan deportasinya, kami menangis tanpa henti. Dan setiap kali kami memikirkan perpisahan ini, rasa sakitnya tak tertahankan, dan hati kami hancur setiap saat," ujar Nurin Hemdullah.

Masih belum jelas kapan Arab Saudi bisa mendeportasi kedua warga Uighur itu.

Maya Wang, seorang peneliti senior Human Rights Watch di China, juga berbicara dengan keluarga mereka dan meminta Arab Saudi untuk menghentikan deportasi.

“Arab Saudi seharusnya tidak secara paksa mengembalikan dua orang Uighur ini ke China, di mana mereka kemungkinan besar akan menghilang ke dalam lubang hitam,” kata Wang kepada Middle East Eye.

"Sudah cukup buruk bahwa Arab Saudi tidak mau mengkritik serangan pemerintah China terhadap Islam. Tapi itu adalah penolakan yang mengejutkan terhadap hukum internasional untuk mengembalikan mereka secara paksa."

Wang menambahkan bahwa pihak keluarga telah memberi tahu dia bahwa pejabat kehakiman juga bertanya kepada Waili dan warga Uighur lainnya yang ditahan apakah mereka tahu nama-nama warga Uighur lainnya di Arab Saudi.

Kemungkinan deportasi Waili terjadi beberapa bulan setelah pengadilan Maroko menyetujui ekstradisi seorang aktivis Uighur setelah Beijing mengajukan surat perintah penangkapannya melalui Interpol.

Yidiresi Aishan, ayah tiga anak berusia 34 tahun dengan status tinggal di Turki, ditahan oleh polisi Maroko di Rabat setelah melarikan diri ke negara Afrika Utara tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)