Presiden Kazakhstan Klaim Negaranya telah Melewati Upaya Kudeta

Senin, 10 Januari 2022 - 17:03 WIB
loading...
Presiden Kazakhstan Klaim Negaranya telah Melewati Upaya Kudeta
Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev. Foto/REUTERS
A A A
NURSULTAN - Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev mengatakan negaranya telah melewati upaya kudeta yang dikoordinasikan oleh apa yang disebutnya "pusat tunggal" setelah kerusuhan paling kejam sejak runtuhnya Soviet.

Dalam pidatonya pada Senin (10/1/2022) di pertemuan online aliansi militer CSTO pimpinan Rusia melalui tautan video, Tokayev mengatakan ketertiban sekarang telah dipulihkan di Kazakhstan, tetapi perburuan "teroris" sedang berlangsung.

Dia mengungkapkan bahwa operasi "kontra-terorisme" skala besar akan segera berakhir, bersama dengan misi CSTO yang tampaknya berjumlah 2.030 tentara dan 250 perangkat keras militer.



“Kazakhstan akan segera memberikan bukti kepada masyarakat internasional tentang apa yang telah terjadi,” ungkap dia.



Dia mengatakan 16 anggota pasukan keamanan telah tewas, dan jumlah warga sipil yang tewas dalam kekerasan itu masih diperiksa.



Sebelumnya dilaporkan, Tokayev memecat dua pejabat tinggi intelijen pada Minggu (9/1/2022).

Pemecatan dilakukan di saat negara itu kacau balau akibat protes berdarah. Protes di seluruh negeri, yang dipicu kenaikan harga bahan bakar gas, telah berlangsung sepekan terakhir.

Pemerintah, seperti dikutip media Rusia, mengatakan 164 orang tewas, termasuk demonstran dan polisi. Lebih dari 6.000 orang telah ditangkap sejak protes berdarah pecah.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)