Australia Beli Senjata Baru Rp36 Triliun, Termasuk 75 Tank M1A2 Abrams

Senin, 10 Januari 2022 - 16:18 WIB
loading...
Australia Beli Senjata Baru Rp36 Triliun, Termasuk 75 Tank M1A2 Abrams
Tentara mengendarai tank M1A2 Abrams buatan AS. Foto/wikipedia
A A A
CANBERRA - Australia telah menyetujui kesepakatan dengan Amerika Serikat (AS) senilai USD2,5 miliar (Rp36 triliun) untuk meningkatkan armada kendaraan lapis baja.

Berita itu muncul beberapa bulan setelah negara itu menandatangani pakta keamanan dengan AS dan Inggris di tengah meningkatnya ketegangan dengan China.

Canberra setuju membeli 75 tank tempur utama M1A2 Abrams untuk menggantikan 59 tank M1A1 yang dibeli pada 2007.



“Bekerjasama dengan kendaraan tempur infanteri, kendaraan rekayasa tempur, dan howitzer self-propelled, Abrams baru akan memberi tentara kami kemungkinan terbaik untuk sukses dan perlindungan dari bahaya,” ungkap Menteri Pertahanan (Menhan) Australia Peter Dutton, seperti dikutip media Australia pada Senin (10/1/2022).



“M1A2 Abrams akan menggabungkan perkembangan terbaru dalam kemampuan pertahanan kedaulatan Australia, termasuk komando, kontrol, komunikasi, komputer dan sistem intelijen, dan mendapat manfaat dari pembuatan amunisi tank yang dimaksudkan di Australia,” papar Dutton.

Panglima Militer Australia Letnan Jenderal Rick Burr mengatakan tank akan memainkan peran penting dalam partisipasi Australia dengan pasukan sekutu.

“Karena keserbagunaannya, tank dapat digunakan dalam berbagai skenario, lingkungan, dan tingkat konflik di wilayah tersebut,” ujar dia.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Australia juga akan menerima 29 kendaraan penyerang, 17 kendaraan jembatan serbu gabungan, dan enam kendaraan pemulihan lapis baja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)