5 Negara Paling Bersih di Dunia, Nomor 5 Andalkan Energi Nuklir

Sabtu, 08 Januari 2022 - 06:01 WIB
loading...
5 Negara Paling Bersih di Dunia, Nomor 5 Andalkan Energi Nuklir
Warga berjalan di pertokoan di Copenhagen, Denmark, 1 Maret 2021. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Kebersihan merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat yang hidup di suatu negara.

Para peneliti di Universitas Yale dan Universitas Columbia bekerja sama dengan World Economic Forum untuk mengukur kebersihan dan keramahan lingkungan dengan menciptakan penilaian yang disebut Indeks Kinerja Lingkungan (EPI).

EPI mengukur 32 indikator dari 11 kategori yang berfokus pada vitalitas ekosistem dan kesehatan lingkungan untuk menentukan negara mana yang dapat dikategorikan sebagai negara terbersih.

Melansir World Population Review, berikut adalah beberapa negara dengan tingkat kebersihan tertinggi di dunia tahun 2020.

1. Denmark

Dengan EPI mencapai 82,5, Denmark adalah negara terbersih dan paling ramah lingkungan di dunia.

Denmark menonjol karena skornya yang tinggi dalam beberapa kategori, termasuk Pengolahan Air Limbah (100), Pengelolaan Limbah (99,8), dan Indeks Perlindungan Spesies (100).

Kebijakan pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim juga dinilai kompherensif bagi penduduknya.

Negara ini berfokus pada kelestarian, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan jumlah hotel ramah lingkungan, perahu bertenaga surya, dan makanan organik yang dikonsumsi di negara tersebut.

2. Luxembourg
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)