Bantu Program Nuklir Pakistan, Mossad Bom Perusahaan Jerman dan Swiss

Selasa, 04 Januari 2022 - 10:43 WIB
loading...
Bantu Program Nuklir Pakistan, Mossad Bom Perusahaan Jerman dan Swiss
Rudal balistik berkemampuan nuklir Shaheen-III ditampilkan saat parade Hari Pakistan di Islamabad, 23 Maret 2016. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Bulan lalu, surat kabar Yahudi London, Jewish Chronicle, mengungkapkan Mossad Israel berada di balik serangkaian pemboman baru-baru ini dan operasi sabotase terhadap fasilitas nuklir Iran.

Serangan Israel itu seolah-olah ditujukan untuk mencegah bom nuklir Iran, meskipun intelijen militer Zionis sendiri mengatakan Teheran tidak mencoba mengembangkan senjata nuklir.

Menurut laporan Sputnik pada Selasa (4/1/2022), kampanye spionase rahasia Mossad terhadap program nuklir Iran mungkin sebenarnya telah dimulai beberapa dekade yang lalu.



Laporan Neue Zurcher Zeitung (NZZ) Swiss edisi Sabtu mengklaim, "Dokumen baru yang sebelumnya tidak diketahui dari arsip di Bern dan Washington mengungkapkan bahwa serangkaian pemboman di Jerman dan Swiss pada awal 1980-an yang telah lama dikaitkan dengan Mossad sebenarnya memiliki hubungan yang lebih eksplisit dengan Iran yang sebelumnya diketahui.”



Korban pertama adalah Eduard German, direktur pelaksana CORA Engineering, yang rumahnya di Berne dibom pada 20 Februari 1981, meski dia selamat dari ledakan.

CORA telah memasok Pakistan dengan unit gasifikasi dan solidifikasi dua tahun sebelumnya, dan bersiap mengekspor rig lain.

Sasaran kedua adalah kantor Walischmiller Engineering di Markdorf, tempat satu bom meledak pada 18 Mei 1981.

Yang ketiga, melawan Heinz Mebus, insinyur Jerman Barat yang telah membantu Pakistan membangun pabrik konversi fluorida dan uranium pertamanya pada 1979.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)