Lima Besar Kekuatan Nuklir Dunia Rilis Pernyataan Bersama, Ini Isinya

Senin, 03 Januari 2022 - 21:48 WIB
loading...
Lima Besar Kekuatan Nuklir Dunia Rilis Pernyataan Bersama, Ini Isinya
Petugas memindahkan bagian atas rudal balistik antarbenua dengan hulu ledak nuklir di Pangkalan Angkatan Udara Malmstrom, Montana, AS. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Rusia, Amerika Serikat (AS), China, Prancis, dan Inggris mempertimbangkan menghindari perang antara Negara-Negara Bersenjata Nuklir dan mengurangi risiko strategis sebagai tanggung jawab utama mereka.

Mereka menegaskan bahwa senjata nuklir mereka tidak menargetkan satu sama lain. Lima negara itu merilis pernyataan bersama pada Senin (3/1/2022).

Pernyataan itu muncul dalam suasana ketegangan global yang meningkat, termasuk kekhawatiran akan konflik antara Rusia dan NATO atas Ukraina, dan AS dan China di Indo-Pasifik.

Baca juga: Terungkap, Pembelot Korsel Pernah Membelot dari Korut

“Kami bermaksud mempertahankan dan lebih memperkuat langkah-langkah nasional kami untuk mencegah penggunaan senjata nuklir yang tidak sah atau tidak disengaja. Kami mengulangi validitas pernyataan kami sebelumnya tentang de-targeting, menegaskan kembali bahwa tidak ada senjata nuklir kami yang ditargetkan satu sama lain atau di negara lain," ungkap pernyataan yang muncul di website Kremlin dan Gedung Putih.

Baca juga: Jenderal Tentara Negara Arab yang Mati Ditembak atau Dirudal

"Kami menegaskan bahwa perang nuklir tidak dapat dimenangkan dan tidak boleh diperangi. Karena penggunaan nuklir akan memiliki konsekuensi yang luas, kami juga menegaskan bahwa senjata nuklir, selama masih ada, harus digunakan untuk tujuan defensif, mencegah agresi, dan mencegah perang. Kami sangat yakin bahwa penyebaran lebih lanjut dari senjata semacam itu harus dicegah," papar komunike bersama itu.

Baca juga: 3 Senjata Israel yang Dipakai Membunuh Rakyat Palestina

Kelima negara menegaskan kembali komitmen mereka terhadap kewajiban sesuai Traktat Non-Proliferasi Nuklir, termasuk proposal prinsipnya untuk mengakhiri perlombaan senjata nuklir dan perlucutan senjata nuklir global.

Kekuatan nuklir menggarisbawahi keinginan untuk, "Bekerja dengan semua negara untuk menciptakan lingkungan keamanan yang lebih kondusif untuk kemajuan perlucutan senjata dengan tujuan akhir dunia tanpa senjata nuklir dengan keamanan yang tidak berkurang untuk semua."
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1146 seconds (10.177#12.26)