Biden Janji AS dan Sekutu Keroyok Rusia Jika Serang Ukraina

Senin, 03 Januari 2022 - 06:53 WIB
loading...
Biden Janji AS dan Sekutu Keroyok Rusia Jika Serang Ukraina
Presiden Joe Biden via telepon berjanji kepada pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky bahwa AS dan sekutu akan merespons tegas Rusia jika menyerang Ukraina. Foto/REUTERS/Leah Millis
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden berjanji bahwa Amerika Serikat (AS) dan sekutunya akan merespons dengan tegas jika Rusia bergerak untuk menyerang Ukraina .

Janji respons keroyokan ini disampaikan Biden kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melalui telepon pada hari Minggu waktu Washington.

"Amerika Serikat dan sekutu serta mitranya akan merespons dengan tegas jika Rusia menginvasi Ukraina lebih lanjut," kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki menyampaikan hasil pembicaraan Biden dan Zelensky, seperti dikutip AFP, Senin (3/1/2022).



Menurut Gedung Putih, kedua pemimpin itu mendukung solusi diplomatik dan bertujuan untuk memulai dengan Dialog Stabilitas Strategis bilateral pekan depan melalui Dewan NATO-Rusia dan Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa.

Biden juga menegaskan kembali janji AS untuk mendukung kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina. "Dia juga menyatakan dukungan untuk langkah-langkah membangun kepercayaan untuk mengurangi ketegangan di Donbas dan diplomasi aktif untuk memajukan pelaksanaan Perjanjian Minsk, untuk mendukung Format Normandia," kata Psaki.

Tak lama setelah pernyataan Gedung Putih dikeluarkan, Zelensky merilis reaksinya sendiri melalui media sosial, men-tweet bahwa percakapannya dengan Biden membuktikan sifat khusus dari hubungan kedua negara.

"Tindakan bersama Ukraina, AS, dan mitra dalam menjaga perdamaian di Eropa, mencegah eskalasi lebih lanjut, reformasi, deoligarkialisasi telah didiskusikan. Kami menghargai dukungan tak tergoyahkan," tulis Zelenskyy di Twitter.

Biden sebelumnya berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis untuk membahas meningkatnya ketegangan regional dan kekhawatiran pecahnya konflik bersenjata atas Ukraina dan keamanan Eropa.

Pemimpin Amerika itu mengancam Putin bahwa setiap tindakan agresif terhadap Ukraina akan menghasilkan sanksi berat terhadap Rusia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)