Iran Luncurkan Roket ke Luar Angkasa di Tengah Pembicaraan Nuklir

Kamis, 30 Desember 2021 - 23:53 WIB
loading...
Iran Luncurkan Roket ke Luar Angkasa di Tengah Pembicaraan Nuklir
Iran meluncurkan roket ke luar angkasa di tengah pembicaraan nuklir. Foto/Yahoo
A A A
TEHERAN - Iran mengumumkan bahwa pihaknya baru saja melakukan peluncuran ke luar angkasa. Langkah ini kemungkinan akan membuat jengkel negara-negara Barat karena dilakukan di tengah pembicaraan untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir 2015.

Stasiun televisi Iran menayangkan rekaman roket yang terbang dari landasan peluncuruan di gurun, tetapi tidak memberikan secara jelas di mana lokasinya.

"Peluncur roket satelit Simorgh (Phoenix) membawa tiga kargo penelitian ke luar angkasa," kata juru bicara kementerian pertahanan Ahmad Hosseini.

"Tujuan penelitian yang diramalkan untuk peluncuran ini telah tercapai," tambahnya, dikutip oleh televisi pemerintah seperti dikutip dari France24, Kamis (30/12/2021).

Hosseini tidak merinci sifat penelitian itu, tetapi dia mengatakan operasi terbaru adalah "peluncuran awal" dan akan lebih banyak lagi yang akan menyusul.



Awal bulan ini media Amerika Serikat (AS) melaporkan bahwa persiapan peluncuran sedang berlangsung di pusat ruang angkasa Iran di Semnan, 300 kilometer timur Teheran.

Teheran berhasil menempatkan satelit militer pertamanya ke orbit pada April 2020, menarik teguran tajam dari Washington.

Pemerintah Barat khawatir bahwa sistem peluncuran satelit menggabungkan teknologi yang dapat digunakan dalam rudal balistik yang mampu mengirimkan hulu ledak nuklir.

Iran menegaskan program luar angkasanya hanya untuk tujuan sipil dan pertahanan, dan tidak melanggar kesepakatan nuklir atau perjanjian internasional lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)