Awal Tahun Depan, Presiden Iran Bakal Sambangi Rusia

Rabu, 29 Desember 2021 - 00:33 WIB
loading...
Awal Tahun Depan, Presiden Iran Bakal Sambangi Rusia
Presiden Iran Ebrahim Raisi akan mengunjungi Rusia awal tahun depan. Foto/Radio Free Europe
A A A
TEHERAN - Presiden Iran Ebrahim Raisi akan mengunjungi Rusia setelah menerima undangan dari rekannya Presiden Vladimir Putin . Hal itu diungkapkan juru bicara pemerintah Iran.

"Putin telah mengundang Raisi ke Moskow awal tahun depan dalam kerangka interaksi strategis antara Iran dan Rusia," kata Ali Bahadori Jahromi.

"Kunjungan ini akan mengatasi kerja sama bilateral, regional dan nasional dan khususnya kerja sama ekonomi dan komersial," sambung Bahadori Jahromi seperti dilansir dari Radio Free Europe, Rabu (29/12/2021).

Baca juga: Israel Ancam Bisa Serang Iran Besok, Hizbullah Mungkin Membalas

Presiden Iran terakhir yang mengunjungi Rusia adalah Hassan Rouhani pada bulan Maret 2017.

Raisi, seorang konservatif garis keras, mengambil alih dari kuris presiden Iran dari Rouhani pada bulan Agustus.

Menurut situs web Kremlin, undangan itu diperpanjang oleh Putin awal bulan ini selama konferensi pers bersama saat mengunjungi Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis.

Baca juga: Kedubes Iran Sebut Berita tentang Kekayaan Pemimpin Tertinggi Iran Tidak Benar

Rusia dan Iran memiliki hubungan baik dan merupakan sekutu utama Presiden Bashar al-Assad dalam Perang Saudara yang panjang di Suriah.

Rusia juga merupakan salah satu pihak dalam perjanjian nuklir 2015 antara Iran dan kekuasaan dunia di mana Teheran diberikan bantuan sanksi dengan imbalan pembatasan terhadap program nuklirnya.

Moskow telah mengambil bagian dalam negosiasi yang berkelanjutan di Wina, Austria untuk menghidupkan kembali kesepakatan setelah itu presiden Amerika Serikat (AS) sebelumnya Donald Trump menarik diri pada tahun 2018. Langkah itu dibarengi dengan memberlakukan kembali sejumlah sanksi yang mendorong Iran untuk membatalkan beberapa komitmennya.

Baca juga: Israel Sesumbar Akan Serang Iran Sendirian
(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2193 seconds (11.252#12.26)