Kapal Induk Nuklir AS Truman Tetap di Mediterania untuk Misi Penting Ini

Rabu, 29 Desember 2021 - 08:11 WIB
loading...
Kapal Induk Nuklir AS Truman Tetap di Mediterania untuk Misi Penting Ini
Kapal induk tenaga nuklir USS Harry S Truman milik Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mempertahankan keberadaan kapal induk nuklir di Mediterania, bukannya mengirimnya ke Timur Tengah. Langkah ini diambil untuk meyakinkan sekutu karena ketegangan tetap tinggi di Ukraina.

Pernyataan itu diungkapkan Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin, dilansir laporan Angkatan Laut AS pada Selasa (28/12/2021).

Seorang pejabat pertahanan AS mengkonfirmasi dalam pernyataan kepada Sputnik bahwa USS Harry S Truman dan kelompok tempurnya akan tetap berada di Laut Mediterania atas perintah dari Menhan Austin.



"Menteri Pertahanan telah mengarahkan USS Harry S Truman Carrier Strike Group (HST CSG) untuk tetap berada di area operasi Komando Eropa (EUCOM) alih-alih transit ke area operasi Komando Pusat (CENTCOM) seperti yang dijadwalkan semula," ungkap pernyataan pejabat pertahanan AS pada Selasa.



"Perubahan jadwal CSG HST mencerminkan perlunya kehadiran yang gigih di Eropa, dan diperlukan untuk meyakinkan sekutu dan mitra kami tentang komitmen kami terhadap pertahanan kolektif," tutur dia.



“Truman dan pasukan pengawalnya sekarang beroperasi di Laut Ionia antara Yunani dan Italia daripada berlayar melalui Terusan Suez ke Laut Merah untuk mendukung Komando Pusat AS (CENTCOM),” papar laporan portal semi-resmi US Naval Institute (USNI) News, mengutip sumber pertahanan AS.

“Austin secara pribadi menyetujui perubahan rencana grup kapal induk untuk memberi sinyal kepada sekutu Eropa tentang komitmen AS yang berkelanjutan terhadap keamanan regional,” ungkap laporan itu.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)