PBB Ngeri dengan Sadisnya Militer Myanmar Bantai dan Bakar 35 Orang

Senin, 27 Desember 2021 - 08:21 WIB
loading...
PBB Ngeri dengan Sadisnya Militer Myanmar Bantai dan Bakar 35 Orang
Militer Myanmar dilaporkan membantai 35 orang dan membakar jasad mereka di dalam beberapa kendaraan di negara bagian Kayah, Jumat (24/12/2021). Foto/REUTERS
A A A
NEW YORK CITY - PBB merasa ngeri dengan laporan yang dapat dipercaya bahwa 35 warga sipil tewas dan tubuh mereka dibakar di Myanmar . Penduduk setempat dan kelompok hak asasi manusia (HAM) mengatakan pelaku pembantaian itu adalah militer yang berkuasa.

Dua pekerja untuk kelompok nirlaba Save the Children masih hilang setelah kendaraan mereka termasuk di antara beberapa yang diserang dan dibakar dalam insiden di negara bagian Kayah timur.



Sebuah kelompok pemantau krisis Myanmar dan media lokal juga menyalahkan pasukan junta atas serangan mengerikan tersebut.

"Saya mengutuk insiden menyedihkan ini dan semua serangan terhadap warga sipil di seluruh negeri," kata Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan Martin Griffiths dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Senin (27/12/2021).

Dia menyerukan penyelidikan menyeluruh dan transparan.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak kudeta Februari. Menurut kelompok pemantau lokal, lebih dari 1.300 orang tewas dalam tindakan keras oleh pasukan keamanan junta.

Pasukan Pertahanan Rakyat (PDF) telah bermunculan di seluruh negeri untuk melawan junta, dan telah menarik militer ke dalam kebuntuan berdarah dalam bentrokan dan pembalasan.

Pada hari Sabtu, foto-foto muncul di media sosial yang dimaksudkan untuk menunjukkan dua truk yang terbakar dan sebuah mobil di jalan raya di kota Hpruso di negara bagian Kayah, dengan sisa-sisa jasad manusia hangus di dalamnya.

Seorang anggota kelompok PDF lokal mengatakan para milisinya telah menemukan kendaraan itu Sabtu pagi atau pada Hari Natal. Sebelumnya dia mendengar militer telah menghentikan beberapa kendaraan di Hpruso setelah bentrokan dengan para milisi PDF di dekat lokasi serangan itu pada hari Jumat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)