Putin Tegaskan Rusia Membutuhkan Lebih Banyak Orang

Sabtu, 25 Desember 2021 - 22:27 WIB
loading...
Putin Tegaskan Rusia Membutuhkan Lebih Banyak Orang
Sejumlah wanita hamil di rumah sakit di Rusia. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Populasi Rusia yang berjumlah 146 juta orang tidak cukup untuk mengisi wilayah negara yang luas, yang mencakup lebih dari 17 juta kilometer persegi.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan hal itu saat mengomentari serangkaian masalah demografis yang menurutnya sedang dihadapi negaranya, termasuk peningkatan jumlah kematian penduduk baru-baru ini.

Berbicara kepada wartawan sebagai bagian dari konferensi pers tahunannya pada Kamis (23/12/2021), pemimpin Rusia menyentuh penurunan harapan hidup yang datang sebagai akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Bos NATO Respons Tegas Rusia tentang Ekspansi Aliansi Pertahanan

Putin mencatat usia rata-rata di mana orang meninggal adalah 71,5 tahun lalu dan turun menjadi 70,1 tahun ini.

Baca juga: Rusia Tarik 10.000 Tentaranya setelah Sebulan Kepung Ukraina

“Dari perspektif kemanusiaan dan geopolitik, mengingat rakyat negara itu 146 juta untuk wilayah yang begitu luas sama sekali tidak cukup,” ungkap Putin.

Putin mengatakan angka ini juga merugikan secara ekonomi karena negara itu tidak memiliki cukup tenaga kerja untuk angkatan kerjanya.

“Kita sekarang memiliki sekitar 81 juta orang usia kerja. Kita harus serius meningkatkannya pada tahun 2024 dan 2030. Itu salah satu faktor pertumbuhan ekonomi,” papar dia.

Pemimpin Rusia itu juga menekankan peningkatan produktivitas tenaga kerja adalah salah satu masalah terpenting negara itu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1805 seconds (11.210#12.26)