Wabah Virus Corona di Wuhan Diduga Terjadi Awal Agustus

Selasa, 09 Juni 2020 - 15:29 WIB
loading...
A A A
"Kami benar-benar menerbitkan pada tahun lalu di mana kami menunjukkan bahwa rumah sakit di Amerika Latin menjadi sangat sibuk selama musim flu. Anda dapat memprediksi musim flu hanya dengan melihat tempat parkir," ungkapnya.

"Dan itulah gagasan dalam penelitian ini," cetusnya.

"Sekarang kami tidak dapat membuktikan dengan jelas apa yang menggerakkan beberapa sinyal ini, tetapi itu semacam menambah bukti yang berkembang bahwa ada sesuatu yang terjadi di depan ketika secara resmi diakui," tuturnya.

"Meskipun kami tidak dapat mengkonfirmasi apakah peningkatan volume secara langsung terkait dengan virus baru, bukti kami mendukung karya terbaru lainnya yang menunjukkan bahwa kemunculan terjadi sebelum identifikasi di pasar Seafood Huanan," menurut Brownstein dan timnya.

"Temuan ini juga menguatkan hipotesis bahwa virus muncul secara alami di China selatan dan berpotensi sudah beredar pada saat gugus Wuhan," ucapnya.

Dikatakan oleh Brownstein bawah sangat mudah untuk kehilangan tanda-tanda awal pandemi.

"Jika hal yang sama terjadi di AS, sangat mungkin bahwa kita dapat melewatkan sinyal-sinyal ini juga. Jadi saya pikir itu semua tentang gagasan bahwa kita perlu memperkuat upaya kesehatan masyarakat kita dan juga memperkuat pengawasan kesehatan masyarakat kita," ujarnya.

Amerika Serikat (AS) menemukan pada awal Januari bahwa epidemi berbasis pernafasan menyebar melalui Wuhan, tetapi memakan waktu berminggu-minggu sebelum kasus pertama diidentifikasi di AS di Seattle dan pemerintah federal mulai mengambil tindakan apa pun.

"Kami juga menghadapi tantangan dari kurangnya pengujian di negara ini, jadi sinyal mungkin hilang di sini, juga, bahwa transmisi sedang terjadi dan kami juga tidak mengetahuinya," kata Brownstein.

Menurut data dari Johns Hopkins University lebih dari 7 juta orang di dunia telah terinfeksi virus mematikan ini, dengan lebih dari 404.000 berujung kematian. Khusus di AS tercatat lebih dari 110.000 kematian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)