Sistem Rudal Pantsir Rusia Sudah Tembak Jatuh 40 Drone Turki

Rabu, 22 Desember 2021 - 05:32 WIB
loading...
Sistem Rudal Pantsir Rusia Sudah Tembak Jatuh 40 Drone Turki
Sistem rudal Pantsir buatan Rusia. Senjata pertahanan ini telah menembak jatuh lebih dari 40 drone buatan Turki selama pertempuran di Suriah dan Libya. Foto/Vitaly V. Kuzmin
A A A
MOSKOW - Sistem pertahann rudal jarak pendek Pantsir-S Rusia sudah menembak jatuh lebih dari 40 drone Bayraktar dan Anka buatan Turki selama pertempuran di Suriah dan Libya.

Data itu dipaparkan Wakil Kepala Pasukan Rudal Anti-Pesawat Angkatan Udara Rusia Yuri Muravkin saat berbicara di saluran televisi Russia-1.

Menurutnya, drone Bayraktar Turki adalah sasaran empuk untuk sistem pertahanan udara domestik seperti Pantsir.



"[Drone] Bayraktar memiliki kecepatan tinggi dan karakteristik dimensi massa yang tidak sulit untuk ditembak jatuh bahkan bagi kru dengan keterampilan rata-rata," katanya.

Laporan televisi itu juga menunjukkan puing-puing drone Bayraktar yang ditembak jatuh di atas langit Suriah.

“Di wilayah Idlib, kami sekarang mengamati tiga kendaraan udara tak berawak Bayraktar. Pada saat yang sama, kami dapat melacak mereka, dimulai dengan penerbangan dan berakhir dengan pendaratan,” kata Alexander Novikov, Kepala Departemen ke-1 GUMVS (Departemen Utama Kerja Sama Militer Internasional).

“Secara umum, kru Arab baik di Suriah dan Libya, menurut mereka, menembak jatuh lebih dari 40 drone Bayraktar dan Anka dengan senjata Rusia,” kata Novikov seperti dikutip kantor berita TASS, Selasa (21/12/2021).

Novikov mencatat bahwa Rusia dapat melacak semua aktivitas kendaraan udara tak berawak Turki di daerah konflik.

Juga dalam laporan itu ditunjukkan sistem Bastion, yang mengumpulkan informasi dari semua radar Rusia. "Saat ini, Bastion menunjukkan secara real time pesawat pengintai, drone apa yang terbang di sepanjang perbatasan Rusia dan di atas jalur kontak di Donbass," kata koresponden saluran televisi Russia-1 merujuk pada konflik di Timur Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)