Rusia Tuntut Pembicaraan Segera dengan AS Soal Jaminan Keamanan NATO

Selasa, 21 Desember 2021 - 01:07 WIB
loading...
Rusia Tuntut Pembicaraan Segera dengan AS Soal Jaminan Keamanan NATO
Ilustrasi. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia menuntut pembicaraan segera dengan Amerika Serikat (AS) mengenai jaminan keamanan dari NATO . Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov berbicara beberapa hari setelah Moskow mengumumkan daftar tuntutan yang berusaha membatasi peran blok militer Barat pimpinan AS di Ukraina dan bekas wilayah Soviet.

“Kami membutuhkan (jawaban) segera karena situasinya sangat serius dan mungkin menjadi lebih rumit,” kata Ryabkov, seperti dilaporkan kantor berita RIA Novosti, Senin (20/12/201). Ryabkov juga mengatakan, dia yakin Barat akan “berusaha untuk mengubah” tuntutan Rusia agar negosiasi “menjadi proses yang lamban”.



Sementara Konstantin Gavrilov, yang mengepalai delegasi Rusia tentang keamanan militer dan pembicaraan pengendalian senjata di Wina, menggemakan peringatan Ryabkov sebelumnya tentang tindakan militer dari Moskow sebagai tanggapan atas apa yang dilihatnya sebagai kegiatan yang mengancam NATO.

“Semua orang di NATO memahami dengan baik, bahwa terlepas dari semua kekuatan dan kekuasaannya, NATO perlu mengambil tindakan politik yang konkret,” kata Gavrilov dalam siaran televisi negara. “Jika tidak, alternatifnya adalah tanggapan teknis-militer dan militer dari Rusia,” tambah Gavrilov tanpa menjelaskan lebih lanjut.

AS telah menanggapi tuntutan Rusia untuk pembicaraan mendesak dengan mempertahankan bahwa mereka tidak akan bernegosiasi tanpa masukan dari Eropa. Uni Eropa telah menolak tawaran Rusia untuk memblokir ambisi NATO Ukraina.



Pejabat Eropa dalam beberapa hari terakhir mengisyaratkan kesediaan untuk bernegosiasi dengan Moskow. “Kita perlu menyelesaikan ketegangan saat ini di tingkat diplomatik,” Financial Times mengutip Menteri Pertahanan baru Jerman, Christine Lambrecht.

“Kami akan membahas proposal Rusia. Tetapi, tidak mungkin Rusia mendikte mitra NATO tentang postur mereka, dan itu adalah sesuatu yang akan kami jelaskan dengan sangat jelas,” katanya pada kunjungan hari Minggu ke pasukan Jerman yang ditempatkan di Lithuania.

"Kami akan membahas proposal yang saat ini ada di atas meja, dengan semua mitra kami di Uni Eropa dan NATO," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman, Andrea Sasse. “Penting bahwa dalam dialog kami yang kami miliki [dengan Rusia] saat ini, kami tetap setia pada prinsip kami sendiri. Dan salah satunya adalah keamanan yang tidak terpisahkan dari semua negara anggota NATO. Dan itu memiliki konsekuensi atas apa yang bisa dan tidak bisa kita terima,” lanjutnya.



Dalam daftar tuntutannya yang diterbitkan Jumat, Rusia menuntut agar AS tidak mendirikan pangkalan militer baru di negara-negara bekas Soviet dan bahwa NATO menjamin untuk memblokir keanggotaan negara-negara ini di masa depan.

Rusia juga ingin NATO meninggalkan semua kegiatan militer di Ukraina, Eropa Timur, kawasan Kaukasus, dan Asia Tengah.Selain itu, Rusia ingin NATO berjanji untuk tidak mengerahkan pasukan di negara-negara bekas anggota komunis Polandia, Republik Ceko dan Baltik tanpa persetujuan Moskow.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)