Perang Pecah di Eropa, Negara Baltik Akan Dimusnahkan

Minggu, 19 Desember 2021 - 14:42 WIB
loading...
A A A
Rusia telah berulang kali menyatakan keprihatinan atas konsentrasi kekuatan militer NATO di negara-negara Baltik, dengan think tank Barat secara teratur mengeluarkan laporan yang mengutip wilayah tersebut sebagai titik "panas" yang mungkin untuk konfrontasi antara Rusia dan blok Barat.

Pejabat dari Estonia, Lithuania dan Latvia telah berulang kali meminta Barat untuk mengambil pendekatan yang lebih keras terhadap Rusia. Terbaru pada Jumat lalu mereka menuntut sanksi baru atas dugaan ancaman mulai dari persenjataan para migran hingga harga gas alam yang tinggi, misalnya.

Ketiga negara juga telah memimpin dalam perselisihan geopolitik dan ekonomi antara Moskow dan Barat, bekerja untuk membantu AS dalam upayanya menyabot saluran pipa Nord Stream 2, dan mendukung pembatasan Eropa dan AS yang menargetkan Rusia, bahkan dengan mengorbankan miliaran dolar pendapatan untuk industri perikanan dan susu mereka sendiri.

Pekan lalu, Menteri Energi Lituania Dainius Kreivys dengan bangga mengumumkan bahwa negara-negara Baltik berada di jalur yang benar untuk sepenuhnya memisahkan diri dari jaringan listrik Rusia pada tahun 2025. Para pengamat memperkirakan bahwa langkah seperti itu akan semakin meningkatkan harga listrik untuk konsumen domestik.



Baltik bergabung dengan NATO pada tahun 2004, membawa serta prospek pasukan AS hanya 115 km dari St. Petersburg, kota kedua Rusia. Dalam sepasang rancangan proposal perjanjian yang disampaikan kepada diplomat AS minggu ini secara eksplisit menguraikan 'garis merah' keamanan Rusia, Moskow secara eksplisit menyebutkan kawasan Baltik sebagai area di mana Rusia dan Barat harus terlibat dalam dialog dan interaksi untuk mencegah insiden di dan di atas laut lepas daerah tersebut.

Para pejabat Rusia telah berulang kali memperingatkan negara-negara Eropa Timur yang bersekutu dengan Amerika Serikat yang menjadi tuan rumah infrastruktur militer NATO yang ofensif bahwa wilayah mereka akan menjadi sasaran jika terjadi konflik.

Pada 2019, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Moskow akan dipaksa untuk menempatkan negara-negara Eropa mana pun yang setuju untuk menjadi tuan rumah senjata nuklir AS di garis bidik misilnya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)