Inggris Ogah Kerahkan Pasukan Bela Ukraina Jika Diserbu Rusia

Minggu, 19 Desember 2021 - 11:39 WIB
loading...
Inggris Ogah Kerahkan Pasukan Bela Ukraina Jika Diserbu Rusia
Inggris tidak akan kerahkan pasukan untuk membela Ukraian jika diserbu Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Inggris dan sekutunya sangat tidak mungkin mengirim pasukan untuk membela Ukraina jika Rusia menyerbu negara itu. Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace.

"Kita seharusnya tidak membohongi orang," kata Wallace kepada majalah Spectator. "Orang-orang Ukraina sadar akan hal itu," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (19/12/2021).

Dalam sebuah wawancara dengan Spectator, Wallace mengatakan Ukraina bukan anggota NATO, jadi sangat tidak mungkin ada pihak yang akan mengirim pasukan ke Ukraina untuk menantang Rusia.

"Itulah sebabnya kami melakukan yang terbaik secara diplomatis untuk mengatakan kepada Putin jangan lakukan ini," katanya, seraya menambahkan bahwa sanksi ekonomi yang berat adalah bentuk pencegah yang paling mungkin.

Wallace sebelumnya mengatakan bahwa Inggris berdiri bahu bahu-membahu dengan rakyat Ukraina dan tetap bertekad untuk mendukung mereka.



Awal pekan ini, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memperingatkan Putin tentang konsekuensi signifikan dari setiap tindakan destabilisasi di wilayah tersebut.

Rusia telah memindahkan ribuan tentara ke dekat perbatasan timur Ukraina, membuat kekuatan Barat untuk mendesak Presiden Vladimir Putin mengurangi ketegangan.

Moskow telah membantah rencana untuk menyerang Ukraina dan telah meminta pembicaraan mendesak dengan Amerika Serikat (AS).

Pada hari Jumat, Rusia menuntut pembatasan ketat pada kegiatan aliansi militer NATO pimpinan AS di negara-negara di Eropa Timur. Aliansi ini awalnya dibentuk untuk mempertahankan Eropa dari kemungkinan ancaman dari bekas Uni Soviet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)