Pertama Kali, Negara Teluk Latihan Bersama Israel dan AS

Minggu, 19 Desember 2021 - 07:58 WIB
loading...
A A A
Sementara Arab Saudi belum secara resmi mengakui hubungan dengan Israel, namun telah menyatakan keinginannya untuk meningkatkan hubungan dengan negara tersebut.

Namun, para pejabat Palestina mengutuk penandatanganan perjanjian normalisasi itu sebagai bentuk tikaman berbahaya bagi perjuangan Palestina begitu Bahrain mengikuti jejak UEA dan menandatangani kesepakatan itu.

Pada Oktober 2020, Sudan menyetujui kesepakatan yang ditengahi AS untuk menormalkan hubungan dengan Israel. Namun, perjanjian itu masih perlu disetujui oleh parlemen Sudan. Militer negara itu secara luas dipandang lebih mendukung kesepakatan normalisasi daripada anggota sipil pemerintah Sudan.

Dengan kudeta militer yang sedang berlangsung di Sudan, seorang pejabat Israel mengatakan kepada Israel Hayom, sebuah harian sayap kanan yang populer, bahwa pengambilalihan militer akan membantu normalisasi hubungan antara kedua negara.

Pejabat itu mengatakan mengingat fakta bahwa militer adalah kekuatan yang lebih kuat di negara itu, dan karena Burhan (Jenderal Abdul Fattah al-Burhan) adalah panglima tertingginya, peristiwa kudeta meningkatkan kemungkinan stabilitas di Sudan, yang sangat penting di kawasan itu.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)