Angkatan Laut AS Selamatkan Penyelundup Narkoba dari Kapal yang Terbakar

Kamis, 16 Desember 2021 - 23:00 WIB
loading...
Angkatan Laut AS Selamatkan Penyelundup Narkoba dari Kapal yang Terbakar
Kapal penyelundup narkoba yang terbakar di pantai Oman. FOTO/AP
A A A
DUBAI - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) pada Kamis (16/12/2021) menyatakan telah melakukan penyelamatan pada lima warga Iran yang dicurigai menyelundupkan obat-obatan terlarang. Lima warga Iran itu diselamatkan dari kapal yang terbakar.

Seperti dilaporkan AP, mereka diduga membakar simpanan mereka di atas kapal layar tradisional di lepas pantai Oman. Dilaporkan pula, satu penumpang kapal dinyatakan hilang hingga kini.



Angkatan Laut AS merilis rekaman pengawasan udara yang menunjukkan kapal tradisional, yang dikenal sebagai dhow, saat berlayar di Teluk Oman pada hari Rabu. Asap mengepul dari kapal setelah orang-orang di kapal tampaknya membakar, dengan ledakan mengguncang kapal.

Pelaut dari kapal patroli USS Sirocco kemudian tiba dan menyelamatkan orang-orang itu. Personel Angkatan Laut AS menemukan lebih dari 1.745 kg ganja, 500 kg metamfetamin, dan 30 kg heroin. Angkatan Laut AS menilai obat-obatan yang ditemukan senilai USD14,7 juta.

“Kami menyakini, bahwa narkoba yang ditemukan hanya mewakili setengah dari semua obat-obatan di atas dhow, dengan sisanya terbakar atau tenggelam bersama kapal,” kata Cmdr. Timothy Hawkins, juru bicara Armada ke-5 Angkatan Laut AS yang berbasis di Timur Tengah.



Lima warga Iran yang diselamatkan dari dhow menerima perawatan medis dan telah diserahkan kepada pihak berwenang di Oman, sebut pernyataan kata Angkatan Laut AS. Iran tidak segera mengakui insiden itu Kamis.

Angkatan Laut dan pasukan sekutu di wilayah tersebut melakukan patroli anti-narkotika di seluruh perairan Timur Tengah. Penyelundup sering menggunakan dhow untuk mengangkut heroin dari Afghanistan dan obat-obatan terlarang lainnya secara diam-diam melalui wilayah tersebut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)