Mengkhawatirkan, Kasus Omicron Berlipat Ganda dalam 3 Hari

Minggu, 19 Desember 2021 - 06:59 WIB
loading...
Mengkhawatirkan, Kasus Omicron Berlipat Ganda dalam 3 Hari
Varian virus Corona Omicron dilaporkan telah menyebar di 89 negara dan jumlah kasusnya meningkat dua kali lipat dalam 1,5 hingga tiga hari. Foto/Ilustrasi
A A A
JENEWA - Varian virus Corona Omicron dilaporkan telah menyebar di 89 negara dan jumlah kasusnya meningkat dua kali lipat dalam 1,5 hingga tiga hari di daerah dengan penularan komunitas. Demikian yang dikatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Omicron menyebar dengan cepat di negara-negara dengan tingkat kekebalan populasi yang tinggi, tetapi tidak jelas apakah ini karena kemampuan virus untuk menghindari kekebalan, peningkatan penularan yang melekat atau kombinasi keduanya," kata WHO dalam sebuah pembaruan seperti dilansir dari Straits Times, Minggu (19/12/2021).

Badan kesehatan dunia itu menetapkan Omicron sebagai varian mengkhawatiran pada 26 November, segera setelah pertama kali terdeteksi, dan masih banyak yang belum diketahui tentang varian itu, termasuk tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya.

"Data tingkat keparahan klinis Omicron masih terbatas," kata WHO.



"Lebih banyak data diperlukan untuk memahami profil keparahan dan bagaimana keparahan dipengaruhi oleh vaksinasi dan kekebalan yang sudah ada sebelumnya," jelas WHO lebih lanjut.

"Masih ada data yang tersedia terbatas, dan tidak ada bukti peer-review, tentang kemanjuran atau efektivitas vaksin hingga saat ini untuk Omicron," WHO menambahkan.

WHO memperingatkan bahwa dengan kasus yang meningkat begitu cepat, rumah sakit bisa kewalahan di beberapa tempat.

“Rawat inap di Inggris dan Afrika Selatan terus meningkat, dan mengingat jumlah kasus yang meningkat pesat, ada kemungkinan banyak sistem perawatan kesehatan menjadi cepat kewalahan,” demikian kata WHO.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2263 seconds (0.1#10.140)