Ngeri, Hacker Prancis Buat 54.000 Paspor Vaksin Palsu

Jum'at, 17 Desember 2021 - 10:02 WIB
loading...
Ngeri, Hacker Prancis Buat 54.000 Paspor Vaksin Palsu
Hacker Prancis berhasil membuat 54 ribu paspor vaksin palsu setelah mencuri data seorang perawat. Foto/Ilustrasi
A A A
PARIS - Hacker dilaporkan memperoleh detail pribadi seorang perawat di kota Nantes, Prancis , dan menggunakan data ini untuk membuat 54.000 paspor vaksin palsu. Sementara itu, pemerintah Prancis mengatakan telah mendeteksi 110.000 pemalsuan semacam itu hingga saat ini.

Kisah perawat itu dilaporkan oleh Ouest-France pada hari Kamis, dengan situs berita tersbeut mengklaim bahwa semua paspor palsu itu sekarang telah beredar luas di publik.

Sistem izin kesehatan Prancis bekerja mirip dengan pengaturan izin vaksin yang digunakan di seluruh Uni Eropa. Sistem ini bekerja dengan memasangkan kunci publik yang terdapat dalam kode QR pada ponsel orang yang divaksinasi dengan kunci pribadi. Kunci pribadi ini dipegang oleh rumah sakit, apotek, atau penyedia layanan kesehatan yang memvaksinasinya.

Tempat yang memeriksa validitas pass COVID-19 seseorang memindai kode dan menerima centang hijau jika cocok dengan kunci pribadi dan palang merah jika tidak.



Satu kunci pribadi, seperti yang dipegang oleh perawat di Nantes, dapat digunakan untuk menghasilkan jumlah yang tidak terbatas dari izin kerja vaksin, membuat informasi ini sangat berharga bagi peretas dan penipu, beberapa di antaranya kemudian menjual paspor palsu itu secara online seperti dilansir dari Russia Today, Jumat (17/12/2021).

Mencabut izin palsu memberi pihak berwenang masalah tambahan. Untuk membatalkan pass vaksin palsu, setiap pass yang dihasilkan dari private key yang sama harus dibatalkan, artinya pass baru harus dibuat untuk mereka yang benar-benar berhak mendapatkannya.

Kisah dari Nantes adalah yang terbaru dari serangkaian insiden serupa di Prancis. Sebelumnya seorang apoteker di Angers mengatakan pada bulan September bahwa kunci pribadinya diretas dan digunakan untuk membuat 2.700 pass palsu, yang dia temukan ketika dia melihat jumlah permintaan yang luar biasa tinggi di komputer apotek untuk mengotentikasi pass baru.

Di pinggiran kota Paris bulan lalu, seorang dokter ditangkap setelah diduga menjual setidaknya 220 paspor palsu dengan harga masing-masing USD1.132 atau sekitar Rp16 juta.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2242 seconds (0.1#10.140)