Australia Ganti Helikopter Militer Eropa dengan Black Hawk AS

Sabtu, 11 Desember 2021 - 05:30 WIB
loading...
Australia Ganti Helikopter Militer Eropa dengan Black Hawk AS
Helikopter Black Hawk milik Australia terbang di atas Brisbane, Australia, pada Oktober 2014. Foto/ABC News
A A A
CANBERRA - Australia akan mengganti helikopter militer MRH-90 Taipan buatan Eropa dengan Black Hawks multi-peran produksi Amerika Serikat (AS). Langkah itu diungkapkan Menteri Pertahanan (Menhan) Australia Peter Dutton pada Jumat (11/12/2021).

"Untuk interoperabilitas dengan AS dan Australia yang semakin penting bagi kami, mengingat ketidakstabilan di kawasan kami, Black Hawk sangat masuk akal. Mereka jauh lebih murah untuk diterbangkan daripada Taipan," ujar Dutton kepada Nine News Australia dan dilansir Sputnik.

Menurut dia, 41 helikopter Taipan tidak dapat diandalkan dan tidak memenuhi harapan. Sebagai gantinya, Australia akan membeli hingga 40 helikopter Black Hawk dari Amerika Serikat.



Sebelumnya pada Jumat, Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison juga mengatakan, “Taipan tidak melakukan pekerjaan mereka. Pembelian helikopter Amerika, sesuai dengan kewajiban berdasarkan kemitraan AUKUS dengan Amerika Serikat dan Inggris.”



Menurut Nine News, penggantian helikopter akan membebani pembayar pajak sebesar 7 miliar dolar Australia.



Keputusan pemerintah Australia menuai kritik dari pihak oposisi. Wakil Pemimpin Partai Buruh Richard Marles mengatakan program militer negara itu menimbulkan pertanyaan di tengah penolakan baru-baru ini dari pihak berwenang Australia untuk menghormati kontrak kapal selam senilai USD90 miliar dengan Prancis demi kapal selam nuklir AS.

"Kita melihat banyak program pertahanan dibatalkan. Ketika kita melihat program pertahanan dibalik seperti ini, miliaran dolar terbuang sia-sia," papar Marles, seperti dikutip dari Nine News.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)