Pangeran Arab Saudi yang Punya Klub Sepakbola, Alasannya Beragam

Sabtu, 11 Desember 2021 - 06:01 WIB
loading...
Pangeran Arab Saudi yang Punya Klub Sepakbola, Alasannya Beragam
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman (kiri) dan Abdullah bin Mosaad bin Abdulaziz Al-Saud. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Pangeran Arab Saudi dengan kekayaan yang berlimpah, mampu membeli apa saja. Salah satu yang tak luput dari perhatian pangeran-pangeran Arab adalah memiliki klub sepakbola.

Tahun ini, dunia sepakbola kembali kedatangan seorang pangeran Arab sebagai pemilik klub sepakbola. Siapa saja pangeran Arab Saudi yang mempunyai klub sepakbola? Berikut daftarnya.

1. Mohammad bin Salman bin Abdulaziz Al-Saud

Newcastle United resmi dibeli Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman (MBS). Dia membeli Newcastle United melalui konsorsiumnya, PIF (Public Investment Fund) senilai Rp5,8 triliun, pada Oktober 2021.

Pangeran Arab Saudi yang Punya Klub Sepakbola, Alasannya Beragam


Diketahui, MBS merupakan salah satu konglomerat di dunia. Dengan kekayaan yang dimilikinya, tidak sulit baginya membeli klub sepakbola.

Investasi yang dilakukan MBS dengan membeli Newscastle United diharapkan dapat mendorong klub itu bersaing di papan atas Liga Inggris. Ketika Newcastle dilatih Steve Bruce, klub ini hanya dapat bersaing di papan tengah klasemen Liga Inggris.

2. Abdullah bin Mosaad bin Abdulaziz Al-Saud

Pangeran Abdullah bin Mosaad bin Abdulaziz Al Saud menjadi investor di Inggris setelah menanamkan modal di klub League One, Sheffield United.

Pangeran Arab Saudi yang Punya Klub Sepakbola, Alasannya Beragam


Diketahui, dia membeli Sheffield United karena kecanduan game Fantasy Premier League (FPL). Pada 2013, Abdullah membeli 50% saham Sheffield United.

Kemudian pada 2020, dia memegang kendali 100% saham Sheffiled United. Abdullah juga mempunyai al-Hilal FC yang berbasis di Dubai.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)