Inggris Temukan Puing Jet Siluman F-35 Rp1,8 Triliun yang Jatuh di Laut

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:28 WIB
loading...
A A A
Rekaman itu muncul di Twitter segera setelah kejadian, setelah seseorang mengangkat ponsel ke layar komputer untuk menyalin rekaman CCTV dari menara kontrol HMS Queen Elizabeth.

Pelaut yang ditangkap diperkirakan telah diterbangkan dari kapal induk kembali ke Inggris. Sementara rekaman video itu berkualitas buruk dan tidak sensitif secara operasional, fakta bahwa video yang bocor itu telah membuat marah para kepala Angkatan Laut.



Tidak jelas apa yang menyebabkan kecelakaan jet tempur mahal itu, tetapi satu teori yang dikemukakan adalah bahwa sesuatu—seperti penutup hujan plastik—diduga telah tersedot ke dalam mesin pesawat, yang menyebabkannya gagal terbang.

Dipahami bahwa puing-puing yang diambil akan dibawa ke pangkalan Angkatan Laut di Mediterania dan, meskipun sumber mengatakan pangkalan itu milik "sekutu", tidak ada informasi lebih lanjut yang diberikan.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan mengatakan: "Operasi untuk memulihkan F-35 Inggris di Laut Mediterania telah berhasil diselesaikan."

"Kami mengucapkan terima kasih kepada sekutu NATO kami, Italia dan Amerika Serikat atas dukungan mereka selama operasi pemulihan," ujarnya, seperti dikutip Sky News, Kamis (9/12/2021).

F-35 termasuk di antara delapan pesawat serupa di atas HMS Queen Elizabeth pada saat kecalakaan terjadi.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)