Inggris Temukan Puing Jet Siluman F-35 Rp1,8 Triliun yang Jatuh di Laut

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:28 WIB
loading...
Inggris Temukan Puing Jet Siluman F-35 Rp1,8 Triliun yang Jatuh di Laut
Jet tempur siluman F-35B. Inggris telah temukan puing-puing jet tempur F-35B-nya yang jatuh di Laut Mediterania. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Inggris berhasil menemukan puing-puing jet tempur siluman F-35 yang jatuh di Laut Mediterania bulan lalu. Jet tempur seharga 100 juta poundsterling atau lebih dari Rp1,8 triliun itu jatuh saat mencoba lepas landas dari kapal induk HMS Queen Elizabeth.

Seorang pelaut telah ditangkap karena diduga membocorkan rekaman video kecelakaan tersebut.

Baca juga: Bela Ukraina, AS Didesak Mengebom Nuklir Rusia

Pengambilan puing-puing pesawat perang ini merupakan hasil operasi penyelamatan rahasia selama tujuh hari oleh kru Inggris, Italia, dan Amerika Serikat (AS).

Operasi pencarian ini dilakukan untuk mencegah pesawat dan radar serta sensor canggihnya jatuh ke tangan musuh, terutama Rusia.

Sumber-sumber Kementerian Pertahanan mengatakan mereka sangat terkejut dengan seberapa cepat penemuan dan pengambilan puing-puing pesawat F-35. Mereka yakin peralatan sensitif jet tempur itu tidak dikompromikan oleh musuh.



Dipahami bahwa jet itu berada lebih dari satu mil di bawah air laut setelah jatuh dari landasan pacu HMS Queen Elizabeth bulan lalu selama operasi penerbangan rutin.

Insiden itu merusak tahap penutupan perjalanan global tujuh bulan oleh kapal induk dan sekelompok kapal pengawal ke Timur Jauh dan kembali.

Menurut rekaman video yang bocor, jet tempur F-35B itu telah jatuh ke laut tanpa sempat mengudara. Pilot berhasil melontarkan diri dengan selamat.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1326 seconds (10.177#12.26)