Belum Ditugaskan, Kapal Perang Terbaru Iran Malah Terguling

Rabu, 08 Desember 2021 - 00:02 WIB
loading...
A A A
Laporan tersebut, ditambah dengan perubahan substansial dalam desain kapal, telah mengarah pada saran bahwa itu dapat dimaksudkan sebagai kapal mata-mata khusus daripada hanya subvarian Moudge yang di-upgrade.

Sebelumnya, kapal perang Sahand—yang merupakan kapal tipe kelas Moudge ketiga memasuki layanan—menampilkan superstruktur boxier yang direvisi. Jadi, kemungkinan Talayieh hanya mencerminkan evolusi desain lebih lanjut.

Desain kelas Moudge merupakan turunan yang diperbesar dari kelas Alvand, tipe yang dibangun di Inggris Raya yang diwarisi oleh rezim saat ini di Iran dari pemerintah Shah setelah revolusi pada tahun 1979.

Korvet kelas Moudge yang ada saat ini memiliki bobot 1.500 ton, dipersenjatai dengan rudal anti-kapal dan rudal permukaan-ke-udara, torpedo, meriam utama 76-mm, dan berbagai meriam dan senapan mesin yang lebih kecil.

Yang jelas adalah bahwa Talayieh adalah bagian dari upaya yang lebih luas di pihak Angkatan Laut Iran untuk memodernisasi dan memperluas kemampuannya, dengan tujuan khusus untuk melakukan operasi maritim jauh di luar batas langsung negara itu.

Awal tahun ini, Sahand, bersama dengan Makran, sebuah kapal mirip pangkalan laut, menjadi kapal Angkatan Laut Iran pertama yang berlayar ke Samudra Atlantik. Mereka kemudian berlayar ke pelabuhan St Petersburg, Rusia, untuk mengikuti parade Angkatan Laut di negara itu.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)