Belum Ditugaskan, Kapal Perang Terbaru Iran Malah Terguling

Rabu, 08 Desember 2021 - 00:02 WIB
loading...
Belum Ditugaskan, Kapal Perang Terbaru Iran Malah Terguling
Talayieh, kapal perang terbaru Iran yang belum diresmikan, terguling di dermaga kering pelabuhan Bandar Abbas. Foto/The Drive
A A A
TEHERAN - Kapal perang terbaru Iran , Talayieh, terguling di dermaga kering di pelabuhan Bandar Abbas di Teluk Persia sebelum diresmikan untuk tugas militer. Insiden ini terungkap dari citra satelit yang diambil pada 4 Desember 2021.

Video tentang tergulingnya Talayieh sebelumnya juga sudah muncul di media sosial. Video itu menunjukkan kapal perang tersebut terguling di sisi pelabuhan di dermaga kering yang sebagian kebanjiran.

Baca juga: BREAKING NEWS-Pria Arab Saudi Tersangka Pembunuhan Khashoggi Ditangkap di Prancis

Talayieh diduga merupakan turunan dari desain korvet kelas Moudge. Hanya sedikit informasi tentang kapal ini yang tersedia untuk umum. Kapal tersebut dilaporkan dalam tahap akhir konstruksi atau pemasangan dan diharapkan mulai beroperasi tahun depan.

Chris Biggers, Direktur Aplikasi Misi di HawkEye 360—sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam analisis data frekuensi radio menggunakan konstelasi satelit komersial—men-tweet gambar dari Planetscope tentang pelabuhan Bandar Abbas, yang merupakan rumah bagi basis operasi utama Angkatan Laut Iran.

"Gambar @planet yang diambil pada 4 Desember 2021 mengonfirmasi bahwa varian Jamaran yang dikenal sebagai Talayieh (atau Talaieh) tampaknya telah terguling saat berada di dermaga kering di Bandar Abbas," tulis Biggers via akun Twitter-nya, @CSBiggers, yang dikutip The Drive, Selasa (7/12/2021).



Dari citra satelit yang tersedia, sulit untuk mengatakan sejauh mana kerusakan yang mungkin terjadi pada Talayieh.

Baca juga: Teori Baru Lenyapnya MH370: Pilot Diduga Menyandera Seluruh Penumpang

Belum ada komentar resmi tentang insiden itu dari pejabat Iran. Namun, butuh waktu dan energi yang signifikan untuk memperbaikinya, terutama jika ada banjir pada internal kapal.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1764 seconds (11.252#12.26)