Badan Intelijen Paling Ditakuti di Dunia, Nomor 1 Jumlah Agennya Terbanyak

Senin, 06 Desember 2021 - 19:34 WIB
loading...
A A A
Dibentuk pada 1948, ISI mengemban misi memperkuat kinerja intelijen militer Pakistan. Sejak dibentuk, nama badan intelijen ini langsung melambung sejak berhasil menyaingi badan militer milik Rusia, KGB, yang merupakan badan intelijen terbaik pada masanya.

ISI memiliki peran besar dalam banyak hal yang terjadi di akhir tahun 70-an hingga awal tahun 80-an. Personel ISI konon tidak pernah tertangkap kamera. ISI diperkirakan memiliki sekitar 10.000 anggota yang tersebar di berbagai negara.

4. Ministry of State Security (MSS), China

Dibentuk pada 1983, MSS merupakan salah satu lembaga yang paling tertutup di dunia. Cara MSS memata-matai negara lain umumnya dengan melakukan peretasan komputer.

Ada beberapa kasus penangkapan anggota MSS yang diciduk karena meretas data rahasia milik negara lain. Seperti pada 2018 di Amerika Serikat, dua orang peretas yang bertindak atas nama MSS ditangkap karena telah mencuri data rahasia milik Amerika Serikat.

Banyak pihak yang menduga bahwa pertumbuhan ekonomi negara ini dapat melesat cepat lantaran kemampuan agen MSS untuk mencuri sumber intelektual dari negara lain.

Badan intelijen ini juga tidak memiliki situs web resmi atau daftar kontak apa pun yang tersedia untuk publik.

5. Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB), Rusia

Berdiri sejak 1954 hingga 1991, KGB merupakan salah satu badan intelijen yang paling legendaris sebagai agen mata-mata terbaik di dunia.

Spesialisasi di bidang spionase menjadikan badan intelijen ini tidak terkalahkan. Agen KGB berhasil menembus pertahanan Amerika Serikat dan mencuri data-data pentingnya saat Perang Dingin berlangsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)