Prancis Berhasil Evakuasi 300 Orang dari Afghanistan

Minggu, 05 Desember 2021 - 03:00 WIB
loading...
Prancis Berhasil Evakuasi 300 Orang dari Afghanistan
Evakuasi warga sipil dari Afghanistan. FOTO/Reuters
A A A
KABUL - Prancis dan Qatar bersama-sama menjalankan misi kemanusiaan di Afghanistan . Kedua negara itu juga mengirimkan peralatan medis, makanan, dan persediaan musim dingin ke Kabul.

“Prancis telah melakukan misi evakuasi di Afghanistan, membawa 258 warga Afghanistan serta 11 Prancis, sekitar 60 warga negara Belanda dan sejumlah orang yang terkait dengan mereka ke luar negeri,” kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Prancis, Jumat (3/12/2021).



Menurut Kementerian Luar Negeri Prancis, operasi itu diselenggarakan dengan bantuan dari Qatar. Para pengungsi, termasuk warga Afghanistan yang berisiko, seperti jurnalis dan orang-orang yang memiliki hubungan dengan Prancis, termasuk pekerja sipil yang dipekerjakan oleh tentara Prancis.

“Sejak 10 September, setidaknya 110 orang Prancis dan 396 warga Afghanistan telah dievakuasi dari Afghanistan dalam 10 penerbangan yang diselenggarakan dengan bantuan Qatar,” tambah pernyataan itu.

“Prancis dan Qatar bersama-sama menjalankan misi kemanusiaan, mengirimkan peralatan medis, makanan, dan pasokan musim dingin ke organisasi internasional yang beroperasi di negara itu dengan pesawat militer Qatar,” kata juru bicara kementerian luar negeri Prancis.



Presiden Prancis Emmanuel Macron, dalam kunjungan ke Teluk, memuji Qatar karena membantu mengatur evakuasi terbaru ke Prancis lebih dari 250 warga Afghanistan yang terancam.

“Saya berterima kasih kepada Qatar atas peran yang telah dimainkannya sejak awal krisis, dan yang memungkinkan organisasi beberapa evakuasi,” kata Macron sebelum menuju ke Arab Saudi untuk putaran terakhir dari tur dua harinya di Teluk.

Macron bertemu pada Jumat malam dengan emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani. Qatar telah memainkan peran penting baik dalam diplomasi dan evakuasi di akhir perang 20 tahun di Afghanistan oleh negara-negara Barat.



Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) minggu ini menggambarkan prospek sosial ekonomi yang "mengkhawatirkan" untuk Afghanistan selama 13 bulan ke depan.

Afghanistan sedang berjuang dengan penurunan tajam dalam bantuan pembangunan internasional setelah Taliban merebut kekuasaan pada Agustus, dan UNDP telah memproyeksikan bahwa kemiskinan dapat menjadi hampir universal pada pertengahan 2022.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)