Perdana Menteri Ceko Ungkap Upaya Pembunuhan Terhadapnya

Jum'at, 03 Desember 2021 - 22:59 WIB
loading...
Perdana Menteri Ceko Ungkap Upaya Pembunuhan Terhadapnya
Perdana Menteri (PM) Republik Ceko Andrej Babis. Foto/facebook
A A A
PRAHA - Perdana Menteri (PM) Republik Ceko Andrej Babis mengatakan seorang pria bersenjata yang sangat menentang pembatasan Covid-19 berusaha membunuhnya. Pria itu dicegat pasukan keamanan di kantor pemerintah.

Dalam posting video di halaman Facebook-nya pada Kamis (2/12/2021), Andrej Babis mengatakan polisi telah menggagalkan upaya pembunuhan terhadapnya.

“Kemarin, Rabu, lawan dari pembatasan ketat keamanan epidemiologis datang ke gedung pemerintah dan ingin menyerang saya, karena dia membawa belati dan pistol. Polisi menghentikannya di pintu masuk gedung,” ungkap dia.



Perdana menteri kemudian mengangkat foto yang menunjukkan dugaan barang milik pria yang dia klaim telah tiba di gedung pemerintah dengan tujuan membunuhnya.



Babis telah memposting video itu di halaman Facebook-nya. Dia menanggapi pertanyaan dan komentar dari anggota masyarakat, membuat komentar sebagai reaksi terhadap seorang pria, David, yang bertanya, "Kapan kamu akan berhenti membunuh orang?"

Dia mengatakan David bukan satu-satunya orang yang mengancamnya. Babis memberikan kisah tentang upaya pembunuhan itu, tetapi mempertanyakan mengapa orang tidak dapat menghadapi fakta.

Babis mengatakan pihak berwenang melakukan segala yang mereka bisa untuk menyelamatkan nyawa.

“Kita semua melakukan ini untuk rakyat. Atau apakah Anda tidak percaya bahwa virus ini membunuh orang? Apakah Anda tidak percaya bahwa vaksin itu melindungi?” ujar dia.

Seorang juru bicara polisi mengatakan penyelidikan telah dibuka. “Dinas keamanan menahan seorang pria dengan beberapa senjata. Sejauh ini, saya tidak memiliki informasi lebih lanjut apakah itu replika atau senjata asli,” papar juru bicara kepolisian itu.

Ini bukan pertama kalinya Babis menghadapi ancaman pembunuhan. Pada Februari, dia mengatakan kepada CNN Prima News bahwa seorang pria ingin menembak dia dan keluarganya. Belakangan terungkap bahwa calon pembunuh telah menulis surat permintaan maaf.

Babis akan segera meninggalkan jabatannya, dengan Presiden Milos Zeman menunjuk Petr Fiala sebagai perdana menteri Republik Ceko pada Minggu setelah pemilu Oktober. Babis menjabat sebagai perdana menteri sejak 2017.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)