Shinzo Abe: China Serang Taiwan, Jepang-AS Tidak Akan Berdiam Diri

Rabu, 01 Desember 2021 - 14:30 WIB
loading...
A A A
Berbicara kepada audiens yang termasuk Cheng Wen-tsan, walikota kota Taoyuan di Taiwan utara, yang diperkirakan sebagai calon presiden di masa depan, Abe mengatakan Jepang dan Taiwan harus bekerja sama untuk melindungi kebebasan dan demokrasi.

"Taiwan yang lebih kuat, Taiwan yang berkembang, dan Taiwan yang menjamin kebebasan dan hak asasi manusia juga menjadi kepentingan Jepang. Tentu saja, ini juga untuk kepentingan seluruh dunia," pungkasnya.

Jepang adalah tuan rumah bagi pangkalan militer utama AS, termasuk di pulau selatan Okinawa. Jarak penerbangan yang singkat dari Taiwan akan sangat penting untuk dukungan AS selama serangan China.

AS terikat oleh hukum untuk memberi Taiwan sarana untuk membela diri, meskipun ada ambiguitas tentang apakah negara itu akan mengirim pasukan untuk membantu Taiwan dalam perang dengan China.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan Amerika dan sekutunya akan mengambil "tindakan" yang tidak ditentukan jika China menggunakan kekuatan untuk mengubah status quo atas Taiwan.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)