Bagikan Sembako, KBRI Australia Ajak Masyarakat Lawan Covid-19

Rabu, 22 April 2020 - 20:30 WIB
loading...
Bagikan Sembako, KBRI Australia Ajak Masyarakat Lawan Covid-19
Duta Besar RI untuk Australia Kristiarto Legowo (kanan). Foto/KBRI
A A A
CANBERRA - Pemerintah Australia pada Kamis (16/4) akan memperpanjang kebijakan pembatasan guna menghentikan penyebaran COVID-19 hingga paling tidak 4 pekan ke depan, meski program flattening the curve sudah menunjukkan perkembangan sangat baik di Australia.

Kebijakan tersebut berdampak antara lain pada penutupan fasilitas umum, sekolah, restoran, kafe, pusat kebugaran, dan tempat-tempat publik lainnya untuk sementara waktu.

“Perpanjangan kebijakan pembatasan di Australia secara tidak langsung mempengaruhi kelangsungan hidup semua warga, termasuk WNI di Australia, yang antara lain bekerja di sektor industri jasa yang terdampak,” ungkap pernyataan Kedutaan Besar RI (KBRI) di Australia.

Menurut KBRI, tata-rata WNI terpaksa kehilangan pendapatan utama, sehingga harus bertahan dengan mengandalkan simpanan pribadi atau dengan bantuan teman atau keluarga.

“Untuk membantu mengurangi beban WNI di Australia, terutama yang berdomisili di wilayah Canberra dan sekitarnya, KBRI Canberra berinisiatif mengajak para WNI bersama-sama melawan COVID-19 melalui program pembagian paket sembako bagi WNI yang membutuhkan, agar mereka senantiasa tetap kuat dan semangat dalam dalam menghadapi situasi yang tidak mudah ini,” papar KBRI di Canberra.

Program kegiatan pembagian sembako ini ditargetkan bagi mereka yang terdampak langsung oleh situasi sebagai akibat dari pandemi COVID-19. Pembagian ini tidak hanya kepada anggota masyarakat WNI yang diberhentikan dari pekerjaan dan masih berada di Australia, namun juga tentunya bagi para mahasiswa Indonesia di Australia baik yang berbiaya sendiri maupun yang bergantung pada beasiswa namun membawa keluarga.

“Sebanyak 80 paket bantuan logistik sembako telah dibagikan pada tanggal 16-22 April 2020. Program ini masih akan berlanjut di tahap kedua pada bulan Ramadhan nanti (Mei 2020),” papar pernyataan KBRI.

Salah satu mahasiswa penerima bantuan, Brilianti mengucapkan apreasi dan terima kasih atas bantuan sembako karena sangat membantu menunjang hidup mahasiswa dan keluarga mereka dalam melanjutkan studi di tengah situasi yang sulit ini. Terkadang dibutuhkan kesabaran ekstra untuk mencari bahan sembako dan kebutuhan dasar lainnya di pasaran.

Duta Besar RI untuk Australia Kristiarto Legowo pada kesempatan penyerahan menyampaikan, “Bantuan ini tentunya jangan dilihat dari nilainya, namun makna yang terkandung di dalamnya yaitu bahwa negara hadir di tengah masyarakat dalam situasi yang sulit ini. Negara, melalui Perwakilan RI, ingin memastikan bahwa mereka tidak ditinggalkan.”

Pembagian sembako ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu April dan dilanjutkan tahap berikutnya yang direncanakan pada bulan Mei 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)