Jadi Misteri Selama 40 Tahun Lebih, Tersangka Pembunuhan Terungkap Berkat DNA

Rabu, 01 Desember 2021 - 03:51 WIB
loading...
Jadi Misteri Selama 40 Tahun Lebih, Tersangka Pembunuhan Terungkap Berkat DNA
Misteri pelaku pembunuhan seorang remaja 40 tahun terungkap berkat DNA. Foto/Las Vegas Sun
A A A
WASHINGTON - Lebih dari 40 tahun pembunuh seorang gadis remaja di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) masih menjadi misteri hingga bukti DNA dan silsilah genetik mampu mengidentifikasi tersangka.

Kim Bryant (16) diculik, diperkosa dan dibunuh pada 26 Januari 1979. Remaja malang itu terlihat terakhir kali di sebuah restoran Dairy Queen dekat sekolahnya dan dilaporkan hilang setelah dia tidak kembali ke rumah. Mayatnya kemudian ditemukan satu bulan kemudian di daerah gurun.

Selama beberapa dekade, pembunuhan Kim Bryant tidak juga terpecahkan.

Dalam konferensi pers Letnan Raymond Spencer, dari Kepolisian Metropolitan Las Vegas, mengatakan bahwa air mani dari seorang tersangka ditemukan selama otopsi Bryant, tetapi sampel DNA tidak dapat diidentifikasi pada saat itu.

Baca juga: Horor! Tubuh Manusia Tanpa Kepala Jatuh dari Mobil Pria Kanibal

"Kami pertama kali mencoba DNA pada kasus khusus ini pada tahun 2008. Kami tidak bisa mendapatkan profil DNA," terang Kimberly Murga, direktur layanan laboratorium untuk kepolisian Las Vegas.



"Teknologi terus maju dan merevolusi. Kami kembali mencoba DNA pada item bukti yang berbeda pada bulan Januari tahun ini. Kami dapat memperoleh profil DNA pria asing pada beberapa bukti dan kami memasukkan profil DNA itu ke CODIS -- Sistem Indeks Gabungan DNA -- dan pada saat itu kami tidak mendapatkan pukulan," imbuhnya seperti dikutip dari ABC News, Rabu (1/12/2021).

Murga mengatakan saat itulah departemen beralih ke pengujian silsilah genetik tingkat lanjut.

Melalui silsilah genetik, DNA yang tertinggal di TKP dapat digunakan untuk mengidentifikasi anggota keluarga tersangka, yang secara sukarela menyerahkan DNA mereka ke database silsilah. Hal ini memungkinkan polisi untuk membuat silsilah keluarga yang lebih rinci daripada jika mereka terbatas menggunakan database penegakan hukum seperti CODIS. Silsilah genetik mendapatkan visibilitas sebagai alat investigasi pada tahun 2018 ketika "Pembunuh Negara Emas" ditangkap.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1422 seconds (10.55#12.26)