Ngeri, Varian Covid Omicron Tiba di Jepang, Asia Waspada

Selasa, 30 November 2021 - 17:38 WIB
loading...
Ngeri, Varian Covid Omicron Tiba di Jepang, Asia Waspada
Pegawai di Bandara Internasional Narita, dekat Tokyo, Jepang, bersiap memeriksa penumpang yang tiba pada 30 November 2021. Foto/REUTERS
A A A
TOKYO - Setelah Jepang berhasil mengalahkan varian Covid-19 Delta, Tokyo melaporkan kasus pertama varian Omicron pada Selasa (30/11/2021). Media mengatakan pasien itu adalah seorang diplomat dari Namibia.

“Infeksi itu terdeteksi pada seorang pria berusia 30-an tahun yang telah tiba dari Namibia,” ungkap Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno, dikutip Reuters.

Matsuno mengatakan pasien tinggal di fasilitas medis. Dia menolak menyebutkan kewarganegaraan orang tersebut.



The Japan Times mengutip sumber pemerintah yang mengatakan pasien tersebut adalah seorang diplomat Namibia yang dites positif Covid-19 di Bandara Narita dekat Tokyo setelah tiba di sana pada Minggu.



Omicron pertama kali tercatat di Botswana bulan ini dan ditetapkan sebagai varian yang harus diwaspadai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat.

Strain baru itu telah menyebar ke seluruh Afrika selatan dan sejak itu telah mencapai Eropa, Amerika Utara dan Australia.

Tokyo sebelumnya berhasil secara drastis mengurangi beban kasus harian varian Delta pada pertengahan November karena aturan Covid yang ketat dan tingkat vaksinasi yang tinggi.

Masuknya varian baru Omicron ke Jepang membuat negara-negara Asia lainnya waspada. Tingkat vaksinasi yang rendah di beberapa negara Asia dapat membuat varian itu menyebar luas jika telah masuk ke satu negara.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)