Puluhan Ribu Polisi Spanyol Turun ke Jalan, Protes Rencana Reformasi UU Keamanan

Minggu, 28 November 2021 - 13:03 WIB
loading...
Puluhan Ribu Polisi Spanyol Turun ke Jalan, Protes Rencana Reformasi UU Keamanan
Aksi demo polisi Spanyol di kota Madrid. FOTO/AP
A A A
MADRID - Puluhan ribu petugas polisi Spanyol dan pendukung mereka berbaris di kota Madrid , Sabtu (27/11/2021) untuk memprotes rencana pemerintah yang berniat mereformasi undang-undang keamanan kontroversial yang dikenal oleh para kritikus sebagai "hukum gag."

Seperti dikutip dari Abc news, kritik terhadap Undang-Undang Keamanan Warga yang disahkan oleh pemerintah konservatif sebelumnya pada tahun 2015 selama bertahun-tahun mengatakan bahwa undang-undang itu memberi terlalu banyak kekuatan kepada pasukan keamanan sehingga merugikan kebebasan sipil. Serikat polisi yang kuat, bagaimanapun, mengatakan bahwa perubahan undang-undang yang diusulkan akan membuat pekerjaan mereka lebih sulit.



Sebuah versi baru dari undang-undang yang disponsori oleh Partai Nasionalis Basque kecil, atau PNV, baru-baru ini memenangkan dukungan dari koalisi sayap kiri pemerintahan Spanyol. Amnesty International dan Kantor Ombudsman Spanyol telah menyerukan agar undang-undang tersebut diubah.

“Reformasi yang sedang dipersiapkan pemerintah hanya akan menguntungkan pengunjuk rasa dan penjahat yang kejam,” Pablo Pérez, juru bicara serikat JUPOL untuk Kepolisian Nasional Spanyol. “Ini menempatkan warga dan terutama petugas polisi dalam bahaya serius karena mengikat tangan dan kaki kita ketika menghadapi kekerasan.”

Undang-undang yang diusulkan masih dapat mengalami perubahan selama negosiasi di majelis rendah parlemen, tetapi seperti yang ada sekarang, undang-undang tersebut akan menghilangkan beberapa bagian yang paling kontroversial dari undang-undang saat ini. Itu termasuk artikel yang melarang mengadakan protes di sekitar gedung Kongres atau Senat dan artikel yang mengizinkan penjaga perbatasan untuk mendorong kembali para migran yang telah melintasi perbatasan.



Penyesuaian baru yang didukung oleh pemerintah adalah kelonggaran bagi aksi protes spontan yang kini biasa muncul dari penyelenggaraan aksi unjuk rasa yang cepat, misalnya untuk merespon kasus kekerasan gender. Saat ini, penyelenggara protes atau pawai harus memberi tahu pihak berwenang sebelumnya.

Serikat polisi menentang modifikasi terencana lainnya, terutama untuk menghapus persyaratan bagi warga untuk meminta izin dari pihak berwenang sebelum merekam dan mempublikasikan video petugas di tempat kerja. Tahun lalu, Mahkamah Konstitusi Spanyol memutuskan bahwa persyaratan untuk persetujuan sebelumnya tidak konstitusional.

Tapi polisi takut hal itu bisa membuat petugas mereka mudah diidentifikasi dan dengan demikian menempatkan mereka pada risiko pembalasan. Para pendukung undang-undang tersebut menyangkal hal ini, menjanjikan bahwa undang-undang baru tersebut bertujuan untuk mencapai keseimbangan yang lebih baik antara kebebasan dan keamanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2517 seconds (0.1#10.140)