Wanita Afghanistan Bermata Hijau Itu Kini Berada di Kota Roma

Minggu, 28 November 2021 - 10:30 WIB
loading...
Wanita Afghanistan Bermata Hijau Itu Kini Berada di Kota Roma
Sharbat Gula, wanita Afghanistan yang sempat ngetop di era 1980-an. FOTO/Mecropress
A A A
ROMA - Pemerintah Italia mengumumkan, bahwa Sharbat Gula, seorang wanita Afghanistan yang pada tahun 1985 mendapatkan ketenaran di seluruh dunia, kini berada di Roma . Foto Gula yang diambil oleh jurnalis foto Steve McCurry sebagai gambar 'Gadis Afghanistan' bermata hijau, sangat terkenal kala itu.

McCurry mengambil foto Gula di kamp pengungsi Nasir Bagh pada tahun 1984 dan fotonya menjadi sampul majalah National Geographic pada tahun berikutnya. Dua dekade kemudian, McCurry berhasil menemukan Gula ketika dia kembali ke Afghanistan. Kini, Gula telah berusia 49 tahun.



Steve McCurry mengatakan, ia berterima kasih atas sikap kemanusiaan dari pemerintah Italia, keunggulan operasional Future Brilliance, dan dukungan keuangan yang murah hati dari Metagood.

"Ini adalah berita yang paling luar biasa untuk diterima pada Hari Thanksgiving," kata Bonnie McCurry, saudara perempuan Steve yang terlibat dalam operasi itu, seperti dikutip dari Mecropress, Sabtu (27/11/2021).

“Ini benar-benar anugerah. Misi penyelamatan ini telah menjadi upaya kelompok sejak awal. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Sharbat sangat berterima kasih kepada orang-orang Italia, dan kami semua sangat berterima kasih kepada pemerintah Italia atas dukungan dan kemurahan hati mereka,” lanjutnya.



Kantor Perdana Menteri Matio Dragui mengatakan, pemerintahnya mengatur pemindahan Gula ke Italia mengikuti permintaan dari LSM yang aktif di Afghanistan, dan dalam rangka program evakuasi, penerimaan dan integrasi pemerintah Afghanistan.

Pemerintah Italia, salah satu dari beberapa negara Barat yang telah mengevakuasi warga Afghanistan sejak Taliban mengambil alih negara itu Agustus lalu, mengatakan bahwa foto Gula "melambangkan perubahan dan bab konflik dalam sejarah Afghanistan yang sedang dialami rakyatnya saat ini".

Badan amal Inggris-Amerika, Future Brillance dan NFT for Social Good Platform Metagood, menanggapi seruan Sharbat Gula untuk dibantu meninggalkan negara mereka. Future Brillance adalah organisasi nirlaba yang dinamis, dipimpin oleh wanita yang mendorong stabilisasi di komunitas yang rentan melalui pengembangan tenaga kerja dan perusahaan.

Sejak Agustus 2021, mereka telah mendukung perjalanan yang aman bagi lebih dari 300 warga Afghanistan, terutama wanita dan anak-anak.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)