WHO Minta Publik Tak Perlu Panik Terkait Varian Baru Covid Omicron

Minggu, 28 November 2021 - 06:11 WIB
loading...
WHO Minta Publik Tak Perlu Panik Terkait Varian Baru Covid Omicron
Papan informasi mengumumkan pembatalan penerbangan ke London, di Bandara Internasional OR Tambo, Johannesburg, Afrika Selatan, 26 November 2021. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Tidak ada alasan untuk panik mengenai jenis varian baru virus corona Omicron. Pernyataan itu diungkapkan Perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Rusia, Melita Vujnovic, mengatakan pada Sabtu (27/11/2021).

"Sepertinya bagi saya tidak perlu panik, karena kita belum tahu ... jika virus ini melewati vaksin, seberapa besar itu akan mengurangi efektivitas vaksin apa pun, kita tidak tahu ini, saat ini," ungkap Vujnovic dalam acara Soloviev Live YouTube.

Pejabat itu menambahkan, "Tentu saja, Afrika tidak memiliki cukup suntikan vaksin, meskipun Republik Afrika Selatan memproduksi vaksin."

Baca juga: Varian Covid Omicron Mungkin Sudah Ada di AS, Segera Menyebar Luas

Namun, Vujnovic berasumsi varian Omicron mungkin lebih menular daripada strain lainnya.

Baca juga: Varian Covid Omicron Menyebar, Biden Melarang Perjalanan dari Afsel dan 7 Negara Lainnya



Pada Jumat, WHO mengidentifikasi jenis baru Covid Afrika Selatan sebagai salah satu perhatian, karena berpotensi lebih menular dan berbahaya. WHO menjulukinya varian Omicron, yang merupakan huruf ke-15 dari alfabet Yunani.

Baca juga: Profil Presiden Iran Ebrahim Raisi yang Keturunan Nabi Muhammad

"Varian virus #COVID19 baru Omicron memiliki sejumlah besar mutasi, beberapa di antaranya mengkhawatirkan. Inilah sebabnya mengapa kita perlu mempercepat upaya kita memberikan #VaccinEquity ASAP dan melindungi yang paling rentan di mana-mana," tweet Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Sabtu.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1442 seconds (10.55#12.26)