Si Genius Albert Einstein, Bukan Pembuat tapi Sesali Penemuan Bom Nuklir

Sabtu, 27 November 2021 - 17:24 WIB
loading...
Si Genius Albert Einstein, Bukan Pembuat tapi Sesali Penemuan Bom Nuklir
Fisikawan genius Yahudi, Albert Einstein, bukan pembuat tapi menyesali pembuatan bom nuklir. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Albert Einstein adalah fisikawan genius Yahudi kelahiran Jerman yang pernah mengguncang dunia dengan temuan relativitasnya. Formula equivalen massa-energi yang terkenal E=mc2berperan dalam pengembangan bom nuklir , meski dia sama sekali tidak terlibat dalam pembuatan bom laknat itu.

Kendati bukan pembuat—dan pernah menegaskan bukan dirinya yang menemukan bom nuklir—Enstein tetapi menyesali penemuan bom pemusnah massal itu. Penegasan itu tak serta merta membuat dirinya terlepas dari tuduhan berperan dalam pembuatan bom atom.



Kisah fisikawan genius—yang pernah hidup tanpa kewarganegaraan ini—dengan riwayat penemuan bom nuklir Amerika Serikat (AS) bermula pada tahun 1938, yakni ketika tiga ahli kimia yang bekerja di sebuah laboratorium di Berlin membuat penemuan yang akan mengubah jalannya sejarah: mereka membelah atom uranium. Energi yang dilepaskan ketika pembelahan, atau fisi, terjadi sangat besar—cukup untuk menggerakkan bom. Tetapi sebelum senjata semacam itu dapat dibuat, banyak masalah teknis harus diatasi.

Ketika Einstein mengetahui bahwa Jerman—saat itu dipimpin diktator Adolf Hitler—mungkin berhasil memecahkan masalah itu, dia menulis kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin Roosevelt dengan keprihatinannya.

Surat Einstein tahun 1939 membantu memulai upaya AS untuk membuat bom atom, tetapi pekerjaan berjalan lambat pada awalnya. Dua temuan lain pada tahun 1940 dan 1941 menunjukkan secara meyakinkan bahwa bom itu layak dan membuat pembangunan bom menjadi prioritas utama bagi Amerika Serikat: penentuan "massa kritis" uranium yang dibutuhkan dan konfirmasi bahwa plutonium dapat mengalami fisi dan digunakan dalam sebuah bom.

Pada bulan Desember 1941, pemerintah AS meluncurkan The Manhattan Project, usaha ilmiah dan militer untuk mengembangkan bom nuklir pertama negara itu.

Surat untuk Presiden

Pada bulan Agustus 1939, Einstein menulis kepada Presiden AS Franklin Roosevelt untuk memperingatkannya bahwa Nazi sedang mengerjakan senjata baru dan kuat: bom atom. Rekan fisikawan Leo Szilard mendesak Einstein untuk mengirim surat itu dan membantunya menyusunnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)