Putin Telah Uji Coba Vaksin Hidung COVID-19

Kamis, 25 November 2021 - 04:21 WIB
loading...
Putin Telah Uji Coba Vaksin Hidung COVID-19
Presiden Rusia Vladimir Putin telah menguji coba vaksin hidung COVID-19. Foto/Marketwatch
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan telah menjadi relawan yang menguji coba vaksin hidung COVID-19 eksperimental yang belum dalam tahap uji klinis. Ia mengatakan ini adalah vaksinasi keempatnya secara total.

Putin sebelumnya juga telah menerima booster Sputnik Light buatan Rusia pada hari Minggu, atau enam bulan setelah dosis kedua vaksin Sputnik V .

Setelah menerima suntikan booster, Putin mengajukan diri untuk mengambil bagian dalam pengujian vaksin intranasal yang dikembangkan oleh Gamaleya Center, pembuat Sputnik V dan dosis tunggal Sputnik Light berikutnya. Ia mengatakan hal itu pada pertemuan yang disiarkan televisi dengan anggota pemerintah.

Putin mengatakan dia tidak merasakan apa-apa setelah vaksinasi intranasal.

"Hari ini, setelah dua prosedur ini -- suntikan dan bentuk hidung, bagian kedua -- saya sudah berolahraga pagi ini. Jadi saya bisa bersaksi bahwa semuanya berkembang seperti yang dikatakan para ilmuwan kami," katanya kepada para menteri seperti dikutip dari CNN, Kamis (25/11/2021).

Baca juga: Para Dokter Sibuk Tangani Covid, Lansia Wanita Ini Nekat Operasi Dirinya Sendiri



Pada pertengahan Oktober lalu, Kementerian Kesehatan Rusia menyetujui uji klinis bentuk semprotan hidung dari vaksin Sputnik V yang dikembangkan oleh Gamaleya Center, menurut RIA Novosti.

Menurut wakil direktur Gamaleya, Denis Logunov, pihaknya masih menguji kemanjuran vaksin hidung.

"Saya harus mengakui bahwa ini adalah administrasi off-label pada dasarnya, seperti biasa, kami mengujinya pada karyawan kami," kata Logunov kepada Putin dalam percakapan televisi setelah memberikan booster pada hari Minggu.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1995 seconds (10.101#12.26)