Perang Baru Berkecamuk, Putin Undang Pemimpin Armenia dan Azerbaijan

Rabu, 24 November 2021 - 06:29 WIB
loading...
Perang Baru Berkecamuk, Putin Undang Pemimpin Armenia dan Azerbaijan
Anggota pasukan penjaga perdamaian Rusia berdiri di samping tank di dekat perbatasan dengan Armenia, 10 November 2020. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin akan menjamu para pemimpin Armenia dan Azerbaijan pekan ini. Langkah ini beberapa hari setelah beberapa pertempuran terburuk antara dua negara sejak perang tahun lalu atas Nagorno-Karabakh.

Laporan ini diungkapkan Kremlin pada Selasa (23/11/2021). Putin akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri (PM) Armenia Nikol Pashinyan dan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev di resor Laut Hitam Rusia Sochi pada Jumat pekan ini.

“Ketiganya akan bertemu atas inisiatif Putin,” papar pernyataan Kremlin.

Baca juga: Ngeri, Kapal Selam Nuklir Rusia Tenggelam setelah Tabrak Kapal Selam NATO

Kremlin mengatakan pembicaraan itu “tepat waktunya” dengan peringatan gencatan senjata yang dimediasi Rusia, yang ditandatangani pada November tahun lalu, yang mengakhiri enam pekan pertempuran atas wilayah Nagorno-Karabakh.

Baca juga: Ngeri, Senjata Nuklir NATO Bisa Dipindahkan dari Jerman ke Eropa Timur

Kesepakatan itu membuat Armenia menyerahkan sebagian besar wilayah yang telah dikuasainya selama beberapa dekade pada Azerbaijan.

Baca juga: Waspadai Rusia, Swedia Kerahkan Rudal Patriot Pertama yang Lebih Garang

Kremlin mengatakan, “Para pemimpin akan membahas langkah-langkah lebih lanjut untuk memperkuat stabilitas dan membangun perdamaian di kawasan itu.”

Awal bulan ini, bentrokan pecah di perbatasan bersama antara Armenia dan Azerbaijan. Kedua belah pihak melaporkan korban dan saling menyalahkan atas pertempuran tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1695 seconds (11.210#12.26)