Rusia Dituduh Bakal Invasi Ukraina saat Musim Dingin

Senin, 22 November 2021 - 07:29 WIB
loading...
A A A
Militer Ukraina menghasilkan peta yang menunjukkan bagaimana Rusia dalam "perspektif jangka pendek" dapat menyerang Ukraina dari segala arah, termasuk serangan dari wilayah Belarusia.



Rusia membantah telah mengumpulkan pasukan di sepanjang perbatasan Ukraina. Ketika laporan tentang kemungkinan persiapan untuk invasi mulai muncul di media AS, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menolaknya sebagai berita "palsu" yang dia katakan adalah bagian dari kampanye disinformasi yang lebih besar yang dilakukan terhadap Rusia.

Dalam sebuah wawancara yang disiarkan di saluran TV Rossiya-1 pada hari Minggu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Barat secara artifisial memicu histeria.

Ketegangan yang meningkat antara Rusia dan Barat bertepatan dengan krisis pengungsi di perbatasan Polandia-Belarusia. Krisis ini melihat hingga 4.000 calon pencari suaka, yang sebagian besar berasal dari Timur Tengah, berkumpul di dekat perbatasan, dengan harapan mencapai Polandia. Beberapa bahkan melempari penjaga dan polisi dengan batu.

Para pejabat Uni Eropa menuduh Belarusia secara efektif merekayasa krisis sebagai bagian dari perang hibridanya melawan blok Eropa tersebut. Minsk menjawab dengan mengatakan Uni Eropa sedang mengobarkan perang hibridanya sendiri dengan mendukung tokoh oposisi Belarusia dan media anti-pemerintah.

Pihak Penjaga Perbatasan Polandia mengungkapkan pada hari Kamis pekan lalu bahwa kamp pengungsi telah dibersihkan. Pada hari Sabtu, dilaporkan bahwa sekitar 100 orang asing yang sangat agresif, dibawa ke perbatasan oleh otoritas Belarusia telah mencoba memaksa masuk ke Polandia.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)