Meski Fokus Lawan China, Pentagon Janji Bela Sekutu Arab Hadapi Iran

Sabtu, 20 November 2021 - 21:03 WIB
loading...
Meski Fokus Lawan China, Pentagon Janji Bela Sekutu Arab Hadapi Iran
Kepala Pentagon Amerika Serikat, Lloyd Austin, menjanjikan dukungan AS untuk sekutu Timur Tengahnya dalam menghadapi ancaman Iran. Foto/REUTERS
A A A
MANAMA - Pentagon berjanji untuk membela sekutu Timur Tengahnya, negara-negara Arab dan Israel, dalam menghadapi ancaman Iran. Janji dukungan ini disampaikan di tengah kekhawatiran bahwa pasukan Amerika sedang dipindahkan dari Timur Tengah untuk fokus melawan China.

“Proliferasi UAV serangan satu arah Iran merupakan ancaman konstan bagi pasukan Amerika dan penghalang dalam perang melawan ISIS,” kata Kepala Pentagon atau Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin selama konferensi keamanan regional di Bahrain pada hari Sabtu (20/11/2021).



“Sistem seperti itu cenderung menonjol dalam konflik di masa depan dan mereka sudah mengancam pesawat sipil. Itu sebabnya departemen saya menjadikannya prioritas untuk mengatasi ancaman drone," lanjut Austin.

Pada konferensi Dialog Manama, Austin menyoroti preferensi pemerintahan Joe Biden untuk diplomasi daripada aksi militer, tetapi mengatakan Pentagon siap untuk mengerahkan kekuatan yang luar biasa dan mengamankan kemenangan di bagian mana pun di dunia, jika diminta untuk melakukannya.

"Kami tetap berkomitmen pada hasil diplomatik dari masalah nuklir...Jika Iran tidak mau terlibat secara serius, maka kami akan melihat semua opsi yang diperlukan untuk menjaga keamanan AS," ujarnya, merujuk pada negosiasi tidak langsung lanjutan antara AS dan Iran di Wina.

Austin meminta Teheran untuk menunjukkan komitmennya untuk memperbarui perjanjian internasional 2015 tentang program nuklirnya, yang mana AS menarik diri di bawah Presiden Donald Trump.

Pemerintahan Biden mengatakan ingin menghidupkan kembali kesepakatan itu, tetapi kedua belah pihak tidak setuju tentang bagaimana ini harus dilakukan. Biden juga menegaskan kembali tekad Washington untuk mencegah Iran memperoleh senjata nuklir, sebuah ambisi yang dibantah oleh pemerintah Iran.

Menggambarkan ancaman militer Iran yang diklaim, kepala Pentagon tidak mengidentifikasi insiden spesifik apa pun. Namun pidato itu muncul beberapa minggu setelah serangan terhadap pangkalan militer yang didirikan AS di Suriah timur, yang oleh beberapa media dikaitkan dengan orang-orang Iran.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)